Sabtu, 20 Oktober 2012

Menjadi “GOOD TEENS”


Sebagian dari kita mungkin menilai kalau masa remaja adalah masa untuk bersenang-senang,masa dimana kita dapat bebas untuk bergaul. Statement itu gak sepenuhnya salah kok,pergaulan itu memang penting . Tapi diluar itu, kita mesti tau dimana batasan kita dan bagaimana seharusnya kita menempatkan diri kita.
Teman sepergaulan juga memberi dampak loh ! syukur-syukur kalau dampak yang diberikan itu positif,kalau sebaliknya? Justru diri kita sendiri yang dirugikan. Bukan pergaulan saja yang dapat mempengaruhi masa remaja,penguasaan diri ternyata juga penting. Yang dimaksud penguasaan diri itu adalah dimana kita dapat berpegang teguh pada sebuah prinsip untuk tidak melakukan hal yang kita nilai tidak perlu atau tidak baik. Contohnya adalah saat menolak ajakan untuk ikut serta dalam kegiatan tawuran antar pelajar,tidak ikiut-ikutan merokok atau menenggak minuman keras disaat teman sepergaulan melakukan itu,menjauhi obat-obatan terlarang dan freesex ,dan sebagainya.
Sebenarnya mudah kok jadi remaja yang baik asal kita benar-benar berniat untuk mengasingkan diri dari segala hal yang kurang berkenan dikalangan remaja seperti kita ini. Bagaimana sih caranya? Nih ada beberapa tips yang kiranya bisa berguana buat teman-teman semua. Check it out guys…
1.       Pandai mengatur waktu
Gunakan waktumu sebaik mungkin. Setiap detik dalam hidupmu itu berharga, maka dari itu terciptalah istilah”time is money”. Sadar ga sadar kalau kita bisa menggunakan waktu dengan baik, banyak hal
menguntungkan yang dapat kita lakukan. Misalnya, dalam waktu luang diluar jam sekolah kita coba untuk bisnis kecil-kecilan kaya jualan aksesoris atau snack. Ga ada salahnya kan? Don’t be shy to do something profitable. Disamping itu jangan lupa untuk mengerjakan kewajiban kita sebagai pelajar, tau dong apa?  Yap guess master! BELAJAR. Belajar adalah salah satu cara ningkatin kualitas kita sebagai remaja. Gak mau kan dibilang pelajar yang low quality? Think it!
2.       Cari wadah yang dapat mengembangkan skill dan membentuk karakter kita
Sepertinya ngga cukup ya  kita hanya bergaul dengan teman-teman yang itu-itu saja. Sebuah wadah atau organisasi juga menjadi hal penting loh. Bayangkan saja jika kita hanya bergaul dengan orang dengan karakter dan sifat yang itu-itu saja, tentu rasa jenuh pun akan muncul. Kita perlu orang dengan karakter dan sifat yang berbeda dengan orang-orang yang biasa kita temui, gunanya untuk mengenalkan kita dengan karakter-karakter baru yang nantinya pun akan membuat karakter kita menjadi excellent. Dan bisa dibilang sebuah organisasi atau wadah sangat berperan untuk mengembangkan hal ini. Organisasi tertentu pun dapat mengasah dan mengembangkan skill yang kita miliki, contohnya jika kita punya kemampuan menari tak ada salahnya jika kita ikut dalam sebuah club dancer dan jika kita punya kemampuan dalam bidang teknologi,akankah lebih baik jika kita ikut dalam sebuah organisasi dibidang tersebut contohnya KOPASUS IT atau jika kita punya kelebihan untuk bersosialisasi dengan baik bergabunglah dengan OSIS yang ada disekolah.
3.       Jangan jadi penggila mode/trend!
Sekarang lagi jamannya pakai motor model ini,buru-buru deh ganti motor. Sekarang lagi ngetrend gigi berbehel,buru-buru deh ke dentist atau tukang gigi buat pasang behel. Lalu jamannya pake smartphone model itu,ngerengek ke ortu minta ganti handphone.Duh penting gak sih? Butuh gak sih? Kalau engga butuh-butuh banget sih daripada buang-buang uang mending dipikirin lagi ya. Kalau motor masih bagus dan dirasa masih bisa dipake,pakai yang lama dulu aja deh. Kalau giginya tertata rapih sih, mending dipikirin dulu ya. Jangan sampe fungsi behel itu sendiri disalah gunakan jadi sebatas untuk gaya. Uangnya kan bisa dipake untuk kebutuhan lain yang lebih penting. kalau handphonenya masih bagus dan layak pakai, tunda dulu deh ganti handphonenya. Kecuali kalau emang kalian sendiri dan ortu dirasa mampu untuk memenuhi itu semua yaa ga masalah. Intinya sih kita mesti sadar bagaimana kemampuan orangtua kita yaaa guys
4.       Don’t waste your time to do something that unimportant
Pintar-pintar pakai masa muda kita yang indah ini ya, jangan kita buang masa-masa yang amat berharga ini untuk hal yang dinilai kurang penting. Tetap konsisten dengan kewajiban kita sebagai anak dan pelajar,banggakan orangtua selagi mereka ada. Jangan nantinya kita yang menyesal. Buat yang lagi nikmatin indahnya masa pacaran, inget nih jangan pakai hubunganmu untuk hal yang tidak baik. Dan kalaupun ngerasain yang namanya putus cinta, jangan sampe putus asa dan ngelakuin hal yang aneh-aneh. Ingat masa mudamu itu masih panjang,ga usah galau dan risau hanya karena cinta dimasa mudamu ini. Pakai masa remajamu ini untuk membangun karakter yang extra ordinary,jadilah remaja yang HIGH QUALITY, okay?


Mungkin segini saja tips yang dapat saya bagikan, semoga tips ini dapat bermanfaat dan diterapkan untuk teman-teman pembaca sekalian. Harapan saya kedepannya, saya rindu melihat remaja Indonesia menjadi remaja yang dapat dibanggakan dan punya pengaruh besar untuk kemajuan bangsa. Seoga harapan ini dapat segera terpenuhi ya. Thanks to reading guys!! (SndVia)

0 komentar: