Sabtu, 26 April 2014

Indahnya Jamiyah



             Banyaknya sekolah di Indonesia yang menawarkan pendidikan agama yang berbasis nasional. Dimana para siswanya dituntut untuk menguasai pendidikan agama islam secara cepat dan benar.SMA Plus PGRI Cibinong termasuk diantaranya.
               
                Sekolah yang berdiri sejak tahun1986 juga termasuk diantara sekian sekolah di negri ini yang mengutamakan pendidikan agamanya. Program andalannya yang terkenal adalah kegiatan Jamiyah yang telah berjalan sejak tahun 2010

                Kegiatan yang berlangsung setiap dua minggu sekali ini telah mendapatkan banyak minat dan antusiasme dari siswa-siswinya. Kegiatan yang digagas oleh segenap guru agama di SMA Plus PGRI Cibinong ini bertujuan untuk mengumpulkan siswa-siswinya di Masjid Al-Mizan untuk melakukan kegiatan keagamaan. Diantaranya, tadarusan, dan tausiyah dari siswa dari berbagai kelas. Dan diramaikan juga oleh guru agama pembimbing.

                Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari bagi kelas 10, tepatnya pada pukul 09.00 WIB. Pukul 11.00 untuk kelas 12, dan pukul 13.00 untuk kelas 11. Kegiatan Jamiyah adalah kegiatan yang wajib untuk diikuti oleh seluruh siswa yang beragama islam. Sanksi bagi yang tidak mengikuti adalah tidak dapat mengikuti ujian dan bermasalah nilai agamanya.

                Kegiatan Jamiyah memiliki banyak manfaat. Diantaranya, untuk membangun karakter para siswa, serta memberikan pendidikan keagamaan yang lebih berkarakter bagi para siswanya

Dalam hal ini para guru Agama berperan untuk membina kegiatan tersebut dan mengarahkan para siswa demi berlangsungnya kegiatan tersebut dengan lancar.siswa juga mendapat banyak pelajaran dari kegiatan jamiyah ini. Menurut mereka kegiatan jamiyah ini sangat penting untuk memperdalam iman mereka.

Para siswa juga dituntut untuk berani berbicara didepan orang banyak, menyampaikan materi pelajaran islam yang telah mereka ketahui sebelumnya. Mereka dipilih berdasarkan pengocokan pada hari sebelumnya oleh para anggota EKSIS.

Disekolah lain mungkin belum ada yang melaksanakan kegiatan jamiyah ini, kegiatan seperti ini biasanya hanya diperuntukan bagi sekolah berbasis islam tapi, SMA Plus PGRI Cibinong membuktikan bahwa SMA Umum juga sangat memperdulikan pendidikan Agamanya.

“menurut saya, kegiatan jami’iyah itu wajib diikuti oleh seluruh siswa untuk memperdalam hal keagamaan. Saya sebagai pembina kegiatan jami’iyah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu siswa aktif dalam kegiatan keagamaan.” Ujar sopiyan hadi selaku pembina dari kegiatan jamiyah SMA Plus PGRI Cibinong.

1.Salma safira salsabila (Reporter)
2.Wahyuning kartika sari ( Reporter)
3.Windy errina M ( Reporter)
4.Nunung nurhayati ( Fotografer)
5.Amelia isti F (Fotografer)
6.Karin oktavia (Penata Layout)
7.Annisa wulan (Penata Layout)
8.Riski Wisnu Aji (Reporter)
9.Rahmat (Fotografer)
10.Ilham (Reporter)


0 komentar: