Sabtu, 06 September 2014

Kurikulum 2013



KURIKULUM 2013
            Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan RI untuk menggantikan.  Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu. Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik dipilih sesuai dengan pilihan mereka.Kedua kelompok mata pelajaran tersebut (wajib dan pilihan) terutama dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan menengah (SMA dan SMK) sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis peserta didik usia 7 – 15 tahun maka mata pelajaran pilihan belum diberikan untuk peserta didik SD dan SMP.
                Menurut salah satu siswa dari SMA PLUS PGRI CIBINONG yang bernama Firdhani kelas 11 mipa 1 dia merasa kalo kurikulum 2013 ini pelajaran nya sangat berbeda “saya merasa kalau kurikulum 2013 peajaran nya sangat berbeda, tetapi walau banyak siswa siswi yang mengeluh saya tetap merasa nyaman dengan ada kurikulum 2013”. Tetapi memang masih banyak siswa-siswi yang masih mengeluh dengan ada kurikulum 2013, bahkan ada yang bilang kalau kurikulum 2013 ini sangat menyiksa.
                Menurut arif kelas 11 mipa 4 “dengan ada nya kurikulum 2013 ada kemajuan di pendidikan indonesia, standar pendidikan nya pun sangat tinggi. Kurikulum 2013 sebenar nya membuat kita lebih mandiri, saya merasa cape sih tetapikan sudah menjadi resiko pelajar”. Memang kurikulum 2013 ini mengeluarkan banyak tenaga.
“kurikulum 2013 bagus disini banyak perubahan yang mengarah pembentukan karakter siswa, jadi 70% siswa yang lebih aktif dikelas  dan 30% guru, lebih enak dirasakan oleh guru karena yang aktif dikelas itu siswa guru. Memang sudah efektif karena disekolah ini sudah menggunakan quantum learning, jadi disini sisw yang lebih aktif dan lebih banyak berbuat” Ujar pak sofyan
                Kurikulum 2013 sudah cukup efektif di kelas 1 sma sudah mulai penjurusan jadi siswa bisa mencari jati diri sendiri dan disini gaya belajar nya didorong untuk menghadapi pengguruan tinggi, biar siswa tidak kaget dengn pengajaran di perguruan tinggi.
Reportase: Apa Kata Mereka Tentang Kurikulum 2013
Firdhan: dia merasa nyaman dengan ada nya kurikulum 2013.
Arif: dengan ada nya kurikulum 2013 adanya keemajuan dalam pendidikan di indonesia.
Pak sofyan: kurikulum 2013 sanagt bagus disini siswa yang lebih banyak aktif dikelas.

0 komentar: