Sabtu, 05 Oktober 2013

Tips Mengajarkan Bayi Berenang Pertama Kali


mengajarkan bayi berenang untuk pertama kali Hampir semua bayi suka bermain air. Tanda-tandanya mereka suka berlama-lama mandi dan ogah beranjak dari bak mandi. Kalau sekalian saja mengajarkan bayi berenang, kenapa tidak ? Lagi pula berenang merupakan olahraga yang banyak manfaatnya bagi kesehatan.
Mengajarkan bayi berenang adalah kegiatan yang fantastis. Sebab, berenang merupakan pengalaman baru dan banyak manfaatnya untuk bayi. Diantaranya, dapat meningkatkan perkembangan fisik, meningkatkan kekuatan, kebugaran, koordinasi dan pembentukan otot bayi lebih awal. Selain itu juga berarti mengajarkan sebuah keterampilan yang bisa menjaga keselamatan diri jika dewasa nanti.
Nah, tips di bawah ini adalah tentang bagaimana cara mengajarkan bayi berenang untuk pertama kali. Tips ini dimaksudkan agar Anda mendapatkan pengalaman yang berharga dan memastikan bahwa kegiatan mengajarkan bayi berenang itu dilakukan secara tepat. Sehingga manfaat berenang untuk bayi bisa didapatkan dengan maksimal.

Kapan bayi mulai berenang

Pertanyaannya kapan waktu yang tepat mengajarkan bayi mulai berenang ? Anda dapat membawa bayi Anda ke kolam renang sejak bayi berusia 4 – 6  bulan. Bayi dibawah 4 – 6 bulan tidak dianjurkan untuk mulai berenang karena pada usia tersebut suhu bayi bisa dingin sangat cepat. Sebelumnya, Anda harus memastikan kolam renang yang Anda kunjungi suhunya cukup hangat.
Jika Anda sendiri belum bisa berenang tidak ada salahnya ambil kursus renang. Ini akan membantu Anda mengajarkan bayi berenang dengan benar dan memberikan banyak cara untuk menghibur mereka. Namun, ada baiknya ajak bayi Anda untuk melihat-lihat kolam renang dulu sebelum anda memutuskan bergabung dengan sebuah kursus renang. Hal ini untuk membiasakan bayi dengan lingkungan kolam renang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah selama jam sekolah karena saat itu tidak berisik oleh anak-anak yang lebih besar.

Sebelum pergi ke kolam renang

Kunjungan pertama ke kolam renang bisa cukup menegangkan. So, saat pertama kali membawa bayi ke kolam renang sebaiknya bersama pasangan atau teman. Dengan membawa teman Anda bisa lebih rileks dan mudah. Bisa juga dengan mengatur kunjungan bersama teman yang memiliki bayi usia yang sama sehingga Anda dapat saling membantu.
Atur waktu senggang untuk kunjungan Anda, waktu makan dan pastikan sebelum waktu tidur siang bayi berikutnya datang. Usahakan untuk mengunjungi kolam renang sekali atau dua kali seminggu dan jadikan itu sebagai jadwal rutin Anda.
Jika bayi Anda memiliki masalah perut atau alergi dingin sebaiknya tunggu beberapa hari sebelum Anda membawa mereka berenang. Rencanakan untuk berada di air selama tidak lebih dari 15 – 20 menit. Jika bayi sudah besar dan tidak gampang dingin baru boleh lebih lama.

Saat berganti pakaian

Ganti dahulu pakaian Anda dengan pakaian renang dan taruh dalam loker yang aman, setelah itu barulah mengganti pakaian bayi. Bayi harus mengenakan popok renang yang pas. Popok bayi sekali pakai dapat dibeli di pasaran dengan mudah.

Saat bayi di kolam renang

Pertama pastikan memilih bagian kolam renang yang paling dangkal. Saat turun ke kolam renang, jarak antara bayi dengan Anda harus dekat. Wajah bayi menghadap Anda sendiri dan pertahankan kontak mata. Jika sudah terbiasa, Anda dapat memegangnya agak jauh.
Biarkan mereka untuk bermain air sesukanya. Misalnya, mereka bermain percikan air. Tuangkan sedikit air di wajah mereka. Untuk anak yang lebih besar bisa mengajak berjalan di air berkeliling. Ketika mereka siap, coba untuk mengapung dengan hanya memegang tangan Anda.
Jika bayi Anda gugup dan menempel ke tubuh Anda, tenangkan hatinya dengan menyanyikan lagu kesukaan mereka. Pegang perlahan dan dengan lembut ayun ke depan dan ke belakang. Sesuaikan gerakan dengan ritme kecepatan mereka. Jangan buat mereka terburu-buru.

Setelah bayi berenang

Shower atau mandikan bayi Anda untuk menghilangkan bahan kimia kolam renang. Ganti popok bayi Anda terlebih dahulu dan kemudian Anda dapat menempatkan mereka ke kereta dorong mereka saat Anda berganti pakaian.
Setelah berenang, bayi Anda biasanya lapar dan lelah. Jadi siapkan makanan kesukaan mereka. Setelah makan bayi biasanya akan cepat tertidur.
Demikianlah tips mengajak dan mengajarkan bayi berenang pertama kali. Semoga bermanfaat.

INTANIA PUTRI LARASATI

0 komentar: