Sabtu, 27 April 2013

bafarois puding ala tata boga

-->

Bafarois puding ala tata boga
oleh : Fadia Qusyairi dan Antilia Intan
Mendengar nama puding pasti terbayang kue kenyal yang disiramu fla diatasnya. Ada yang rasa coklat, stroberi, vanila, blueberry, dan lain-lain. Tapi... student day tata boga di SMA Plus PGRI Cibinong mencoba rasa baru. Dan bahannya mungkin juga sedikit berbeda dengan puding biasanya.

Student Day yang akrab dengan makanan ini, kali ini sedang mencoba resep baru masakan ala asia, karena kelas 10 menekuni makanan-makanan asia, berbeda dengan kelas 11 yang diminta untuk menekuni masakan ala eropa. Nah, sekarang para anggota student day tata boga ini sedang berkreasi dengan puding, tapi puding ini lain dari yang lain yaitu bafarois puding cendol. Student day yang berjumlahkan anggota sebanyak 32 siswa ini menghabiskan Rp. 10.000 dari masing-masing siswa, tapi walau modalnya besar hasilnya sangat tidak mengecewakan. 100% berhasil.
          Padahal kalau bicara sama guru pengajarnya yaitu Bu Rini Diah Astuti. Ia berpendapat kalu membuat bafarois puding itu tidak segampang puding biasa, karena puding ini teksturnya seperti busa lebih lembut, halus, dan lebih kenyal. Rasanya pun lebih enak dari puding biasa. Kreasinya yang dicampur dengan cendol itu juga yang membuat puding ini beda dari yang lainnya.
          “Kesulitan hanya sedikit, yaitu kekurangan pengajar karena saya kewalahan dengan jumlah siswa 32,” keluh Bu Rini, yang akrab dipanggil ‘bunda’ oleh muridnya. Tetapi ia juga berkata kesenangan di student day ini lebih banyak dibandingkan dengan kesedihannya. Karena mereka banyak bersenda gurau sesama murid dan bahkan dengan masakan yang mereka buat.
          Selain membuat puding, mereka yang menekuni masakan asia sudah mencoba lebih dari 20 jenis masakan asia. Berarti mereka sudah mencicipi 20 maakan negara di seluruh asia. Wow, walaupun mereka belum mendapatkan kesempatan berkeliling asia, tetapi mereka sudah mencicipi banyak makanan asia. Tidak kalah dengan chef-chef asli, gaya mereka yang memakai baju ala chef juga tak kalah wibawanya dengan chef farah queen.
Tata boga itu???
Widia melati suci
“Student Day tata boga itu seru, yang tadinya aku tidak bisa masak jadi bisa dan mahir”
Amenesa maulida
“Seru, walaupun karang bosan menunggu masakannya matang, karena sudah lapar.”
Tips menjaga sayuran agar tetap segar


  • Simpan di kulkas.

  • Sayuran di cuci bersih.
  • Supaya vitamin yang terkandung dalam sayuran tidak hilang, jangan dipotong sebelum dicuci. Karena vitaminnya akan larut dalam air. Jadi sayuran dicuci dahulu lalu dipotong.

0 komentar: