Sabtu, 31 Agustus 2013

KEDELAI SEHARGA EMAS



Cibinong, PESAT NEWS- 31 Agustus 2013 kacang kedelai mengalami kelangkaan. Kelangkaan ini terjadi akibat kurangnya pasokan kacang-kacangan, khususnya kacang kedelai dari pemasok kacang-kacangan pusat yang dibatasi. Banyak industri rumahan yang mengeluh akibat langkanya kacang kedelai. Akibat kelangkaan ini, banyak industri kecil produksi kedelai mengalami penurunan omset. Tak segan-segan, omsetnya pun turun drastis dari biasanya.
“saya bingung, harga tempe sekarang naik. Menyusahkan rakyat kecil seperti saya.” Ujar ibu Nursinih (43). Harga tempe kini mengalami kenaikan. Harga semula yang hanya 3.000/papan kini menjadi 5.000/papan. Dan begitu pula yang semula 5.000/papan menjadi 7.000/papan. Ini menjadi beban tersendiri oleh pedagang karena akibat kelangkaan kedelai membuat keuntungan mereka menjadi menurun bahkan merugi.
Banyaknya keluhan dan kerugian yang terjadi dengan pedagang-pedagang kecil direncanakan pada tanggal 10 September 2013 akan dilaksanakan demo pedagang menolak kenaikan harga produksi kacang kedelai. “Jika memang informasi dari jakartanya sudah sampai kami, kami akan ikut dalam demo itu.” ujar seorang pria muda. (Dian Fairuz Izdihar, Rahayu Marini Hakim)

0 komentar: