Sabtu, 24 November 2012

Indahnya Kebersihan




oleh Rizky Dwi Oktaviani

            Kalo ngomongin tentang bersih jaman sekarang ini jarang banget kan? Apa lagi soal sampah yang berserakan dimana-mana. Ga heran banget kalo kita ketemu yang namanya sampah. Tapi sampah itu kan ulah manusia juga, manusia yang tidak tau bagaimana pentingnya kebersihan itu.
Pengertian Bersih?
            Bersih itu adalah bebas dari segala kotoran dan tidak tercemar. Baik kotoran yang disengaja maupun yang di sengaja. Bersih juga sebagian dari iman. Kalau hati kita bersih pasti diri kita juga bersih. Bersih itu juga dikatagorikan ada bersih hati bersih badan dan juga bersih lingkungan. Bersih hati itu seperti baik, sopan, ramah, tidak sombong, dermawan. Kalau bersih badan, mandi miniman 2 kali sehari, sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur. Sedangkan bersih lingkungan adalah dimana kita dapat menjaga lingkungan kita dengan baik dan benar seperti halnya dengan sampah kita wajib membuang sampah ditempatnya dan dilarang membuang sampah seenaknya karena yang membuat lingkungan kotor adalah dari manusia itu sendiri.
Cara Menjaga Kebersihan
            Kebersihan sebenarnya itu mudah asal ada kemauan dari diri kita misalnya kita harus dibiasakan sejak kecil menjaga kebersihan karena dengan kita terbiasa kita dapat menjaga kebersihan sampai dewasa, membuang sampah sesuai tempatnya, rajin membersihkan tempat yang sering kita kunjungi, mandi, sikat gigi, cuci tangan sebelum makan, dan masih banyak lagi.
Manfaat Lingkungan Bersih
            Bersih berarti sehat dan menjaga kebersihan berarti menjaga kesehatan juga. Namun bersih diri saja itu tidak cukup jika lingkungan disekitar kita saja belum bersih. Lingkungan juga mencerminkan masyarakatnya dalam hal kebersihan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus menjaga terutama kebersihan lingkungan agar lingkungan kita bersih dan sehat juga terhindar dari berbagai penyakit.





0 komentar: