Sabtu, 24 November 2012

RemajaTanpa Narkoba


Pernah gak, kamu gak bisa menyelsaikan sebuah persoalan? Terus, apa yang kamu lakuin bat membasmi masalah itu? Sebenernya banyak banget cara-cara yang bisa kita tempuh uat ngatasin ini semua, contohnya seperti meminta bantuan dari orang-orang yang kita percaya, dan itu gak salah, karena terkadang ada beberapa masalah yang gak bisa kita selesaiin sendiri. Pokoknya, apapun yang terjadi berusahalah semaksimal mungkin  untuk bisa mecahin semuanya, karena, jila kita hanya mengulur waktu, masalah akan semakin menumouk daaaannn perlahan masalah akan membunuh kita. Awalnya kita akan merasa gak percaya dengan diri sendiri, merasa bersalah, dan gak kuat menangung beban, ujung ujungnya apa  ? Narkoba. Amit-amit yah..
Ø  Memang apa sih yang dipengaruhi narkoba ?
Yang dipengaruhi narkoba itu bnayak banget, alias bejibun. Yaitu si narkoba akan menjadikan kita orang yang negatif abiiss dari sudut kesehatan, psikiatrik, psikologis, sosial, budaya, ekonomi, politik dll
Ø  Apa sih faktor yang membuat kita terjerumus ke lembah hitam (narkoba)?
Faktor pertama adalah pribadi yang lemah. Menurut para ahli pribadi yang lemah itu seperti pribadi yang mudah frustasi, sulit bergaul dan ingin dianggap hebat sehingga zat-zat yang berada di dalam narkoba seakan bisa memberikan rasa superior yang luar biasa. Faktor kedua adalah lingkungan sosial. Yang ke tiga adalah pengaruh budaya asing dan yang  terakhir adalah faktor ekonomi.
Ø  Apa akibatnya jika kita menggunakan narkoba?
Jika kita menggunakan narkoba, kerugian bukan hanya dirasakan oleh si pemakai tetapi juga lingkungan sekitar, contohnya nih seperti si pemakai akan mengalami penurunan kesehatan, badan kurus kering, selalu mengantuk, bicara gak meyakinkan, sering merasa bingung, prestasi menurun dan mental terganggu. Setelah itu si pemakai juga bisa melakukan tindakan kriminal seperti penipuan, perampokan, pencurian, pembunuhan, merusak hubungan orang, dan masih banyak lagi.
Ø  Tips agar kita tidak di rusak narkoba?
Yang pertama adalah  Manajeman Hati. Hati itu ibarat penunjuk arah dalam tubuh. Jika hati rusak maka tubuh pun begitu. Maka dari itu dekatkan diri pada Allah SWT.
Yang ke dua adalah Akrablah dengan ortu. Caranya dengan meluangkan waktu bersama, hal ini adalah cara ampuh untuk menciptakan komunikasi yang baik antara kamu dan keluarga.
Yang ketiga manfaatkan sekolah. Sekolah itu adalah temapt untuk menambah pengetahuan dan pembinaan akhlak, maka dari itu untuk kalian remaja  yang beruntung bisa bersekolah, manfaatkanlah sekolah.
Yang ke empat waspada pergaulan. Nah mulai sekarang kita harus bisa membedakan mana teman  yang baik dan mana yang bukan. Pokoknya kita harus lebih berhati hati saat bergaul.
Rugi berat dan pastinya menyesal sepanjang hayat jika kita terjerat oleh si jahat bernama narkoba. Jangan sekali-kali mencobanya. Jadilah remaja tanpa narkoba.

Oleh : Siti Masithah Fitri Lestary (XI IPA Unggulan 6)

0 komentar: