Sabtu, 24 November 2012

Stres? Melanda Kaum Pelajar




Oleh : Siti Hazard Aldina


Stres? Tau ga sih stress itu ternyata bahaya juga loh. Apalagi bagi kita sebagai kaum pelajar. Ga Cuma dari kaum pelajar aja, stress juga bisa menyerang ke orang dewasa juga loh.
Stres gejalanya apa ya?
Nah orang yang lagi stres itu pasti ada gejalanya.  Gejalanya itu kebiasaannya jadi aneh, jadi lebih suka diem, kadang juga jadi uring-uringan sendiri, adanya kecemasaan yang berlebihan terhadap sesuatu dan juga  sikap yang suka menunda-nunda pekerjaan. Bagi yang pelajar stres itu datang disaat kita dihadapkan dengan tugas sekolah yang banyak bangetttt tapi waktunya kurang ataupun ga bisa untuk ngebagi waktu luangnya. Bagi orang dewasa, stress juga datang karena kebiasaan mengkonsumsi rokok. Loh ko bisa dari merokok sih? Iya bisa karena bagi yang sering mengkonsumsi rokok, bila seandainya ia tidak mengkonsumsi rokok sehari saja maka akan merasa tidak betah dan gelisah untuk selalu merokok. Dari kegelisahan itu maka akan timbul lah gejala stres meskipun dalam kadar stres yang ringan.
Dampak dan akibat dari stres???
Stress itu ada dampaknya loh. Dampak dan akibat kalo kita keseringan stres itu bisa berbahaya loh. Faktanya stress itu dapat meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, dia juga bisa menaikkan tekanan darah, bisa menimbulkan sakit kepala, dan juga yang lebih parah itu bisa memicu serangan jantung. Hiii serem banget kan?
Solusi biar ga stress?
Solusinya itu kita harus bisa ngejaga pola kebiasaan kita dan pola pikir kita. Bagi orang dewasa jangan sering mengkonsumsi rokok. Bagi pelajar, kita harus pinter-pinter membagi waktu luang kita antara mengerjakan tugas maupun untuk hanya sekadar main. Kalo emang ada masalah, jangan dibuat ribet dan hadapi semua masalah dengan baik dan jangan pernah menyerah ya. Oh iya jangan lupa selalu pake senyum. Karena senyum itu kan ibadah… ^^

0 komentar: