Sabtu, 20 November 2010

Arti Sahabat dan Teman

Banyaknya kenangan yang kita dapat semasa SMP. Ketika kita di jauhkan maupun senangi teman. Awalnya kita jengkel dengan sikap teman-teman kita yang suka milih-milih kalau berteman. Tapi kesini-sininya saya tahu alasan mengapa mereka memilih teman. Mereka tidak mau mendapat teman yang salah, misalnya teman mereka jail atau bodoh jadinya salah satu solusi terdahsyat adalah ya.... milih teman.

Pertama kali punya sahabat sejati di kelas 6 SD sudah berarti banget. Dulunya aku termasuk orang yang disebelin sama teman-teman karena sikapku yang Lebay dan nyebelin. Setelah aku sadar dengan sikapku yang nyebelin, aku langsung mencoba mengubah sikapku menjadi yang mereka inginkan. Setelah masuk SMA aku menjadi anak baru yang pindahan dari pesantren jadinya sebelum aku berteman dengan teman yang baru, aku coba dahulu membaca situasi yang ada. Ketika mereka bercakap-cakap dengan teman mereka atau bersikap. Aku jadi tahu teman apa yang tepat bagi teman baru mereka. Setelah itu baru aku menyesuaikan diri dengan mereka. Ketika mereka suka dengan teman yang ngga banyak omong aku mencoba menjadi teman yang seperlunya saja berbicara.

Kata orang memang benar kita harus menjadi diri sendiri yang ngga’ boleh berlipat ganda atau bermuka dua (munafiq). Tapi apa salahnya kalau kita ingin menjadi teman terbaik bagi kita. Karena hal itu aku dapat sahabat baru di SMA. Dia anakanya baik, pinter, dan juga bisa dibilang cantik. Tapi ada satu kekurangan yang menurut aku ga baik yaitu, kalau ngomong di belakang ngga berani ngomong langsung sama orang. Jadinya satu-satunya perantara harus ngomong sama orang itu aku. Jadinya dalam waktu yang lalu aku aga’ sedikit berubah sama dia. Dan taunya dia ngerasa kalau aku berubah. Tapi sekarang aku sudah baikan dengan dia. Oh ya aku ada puisi yang nyentuh banget dihati kita tentang persahabatan coba, baca deh:

Indahnya Persahabatan

Tiada mutiara sebening cinta..

Tiada sutra sehalus kasih sayang..

Tiada embun sesuci ketulusan hati..

Dan tiada hubungan seindah persahabatan..

Sahabat bukan

MATEMATIKA yang dapat dihitung nilainya..

EKONOMI yang mengharapkan materi..

PPKN yang dituntut oleh undang-undang..

Tetapi

Sahabat adalah SEJARAH yang dapat dikenang sepanjang masa..

Yustitia

Karena puisi ini aku jadi semakin ngerti apa arti persabatan. Makasih teman-teman yang setia jadi teman aku.....

Tias

Nama: fithriastuti nagari

0 komentar: