Sabtu, 27 November 2010

Kemenbudpar: Komodo Jadi Tema Wisata Nasional 2011

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyatakan akan menjadikan Komodo sebagai tema wisata nasional 2011.

"Tahun depan kita akan jadikan Komodo sebagai tema utama pariwisata kita," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Noviendi Makalam di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, dengan menjadikan Komodo sebagai tema wisata nasional maka semua event yang terkait dengan pariwisata akan dikemas dengan tema Komodo.

Pihaknya menyatakan akan terus mempromosikan Komodo sebagai salah satu calon keajaiban dunia baru versi alam yang segera diumumkan pada 11 November 2011.

"Tahun depan kita akan `all out` untuk mempromosikan Komodo termasuk menjadikannya tema dari berbagai event yang akan digelar," katanya.

Taman Nasional (TM) Komodo menjadi salah satu nominator "New Seven Wonders of Nature" bersama 28 finalis lain di berbagai dunia. Sebelumnya TN Komodo berhasil menyisihkan 426 nominator dari 223 negara lain di seluruh dunia.

Panitia acara tersebut menargetkan 1 miliar pemilih dari seluruh dunia dan hasilnya akan diumumkan pada 11 November 2011.

Noviendi mengatakan, TN Komodo harus bersaing dengan sejumlah kompetitor berat di antaranya Sungai Amazon, Black Forest di Jerman, Grand Canyon, Great Barrier Reef di Australia, Bay of Fandy, Cliff of Moher Island, Dead Sea, El Yungue, Jeju Island di Korea, Kilimanjaro di Tanzania, Maldives, Masurian Lake District, Uluru di Australia, Yushan di China Taipei, Vesuvius di Italia, Table Mountain di Afrika Selatan, Butina di Arab Saudi, dan Sundarban.

Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar pada kesempatan yang sama mengatakan, Indonesia juga telah mengikuti "bidding" untuk menjadi tuan rumah pengumuman "New Seven Wonders of Nature".

"Pada intinya jika kita berhasil memenangkan Komodo maka dampaknya akan sangat besar bagi pariwisata Indonesia secara keseluruhan, di antaranya dari sisi citra sekaligus menjadikan Komodo sebagai kawasan wisata berbasis alam yang dikenal dunia," katanya.

Dengan hanya menjadi nominator saja seperti saat ini pihaknya mencatat telah terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke TN Komodo.

"Sekarang sudah mulai banyak wisatawan datang ke Labuan Bajo, dan jumlah hotel juga semakin bertambah. Kami berharap ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal," katanya.

Wisny Ima Prasetyo

XI IPA 1

dikutip dari : http://id.news.yahoo.com/antr/20101127/tpl-kemenbudpar-komodo-jadi-tema-wisata-cc08abe.html

0 komentar: