Rabu, 10 November 2010

permen karet


Kita sering mengunyah permen karet .Permen karet rasanya manis dan enak saja dalam mengunyah .Sebenarnya apa si permen karet itu,?bagaimana si sejarah permen karet itu sampai di tangan kita saat ini ?apa manfaatnya dari mengunyah permen karet?

Permen karet
adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah . Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental daripada permen kunyah manapun.

Hingga saat ini sejarah permen karet masih belum jelas. Namun bukti sejarah tertua ditemukan pada tahun 1993 oleh para arkeolog berupa tiga gumpalan uang berisi pemanis madu yang telah berusia 9000 tahun yang dikunyah oleh para pemburu di Swedia Akan tetapi bagi masyarakat yunani kuno , mengunyah permen karet merupakan kebiasaan yang umum di masyarakat. Mereka mengunyah sebuah damar dari pohon mastic yang berasal dari Turki . Sementara itu Amerika Utara, penduduk asli mempunyai kebiasaan mengunyah substansi yang dibuat dari damar pohon cemara yang terus dilanjutkan secara turun temurun hingga awal abad ke-19 yang kemudian diganti dengan parafin .

Penduduk asli Semenanjung Yukatan di Meksiko adalah orang pertama yg mengunyah karet. Yang mereka kunyah pada waktu itu adalah karet tanpa rasa, yakni cikili, getah putih pohon sapodila yg dididihkan dan dikeraskan. Kelak kebiasaan ini meluas ke Amerika Serikat. Di sana orang sudah mengunyah karet sejak tahun 1864. Kini, dengan tambahan rasa dan aroma, permen karet disukai orang di seluruh dunia.

Siapa yang tidak pernah mengunyah permen karet? pasti semua pernah merasakan atau setidaknya tahu apa itu permen karet. permen karet berasal dari Amerika, terbuat dari getah pohon atau damar gliserin yang ditambah larutan gula, peppermint dan bahan lainnya, kemudian diaduk dan dipress.
Mengunyah permen karet ternyata ada manfaatnyaloh teman-teman pesatnews.

Manfaat mengunyah permen karet.

  • Dapat menyegarkan bau mulut, terutama untuk yang doyan menginsumsi bawang-bawangan.
  • Permen karet yg sifatnya melekat erat, dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada permukaan gigi. sering mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan rongga mulut dan gigi dengan lebih baik, sehingga mengurangi resiko terbentuknya plak-plak gigi.
  • Mengunyah permen karet menyebabkan rongga mulut berulang-ulang melakukan gerakan mengigit, hal ini memperlancar aliran darah dibagian wajah dan juga melatih otot-otot untuk mengunyah dan menggigit. hasil penelitian seorang ahli di Amerika, mengunyah permen karet setiap hari selama 15 menit dapat bermanfaat bagi kecantikan.
Apa yang terjadi jika permen karet tersebut tertelan ?
Mungkin beberapa orang pernah mendengar kabar burung bahwa permen karet yang tertelan akan tetap tinggal di dalam perut selama 7 tahun. Tapi kabar tersebut tidaklah benar. Meskipun permen karet tidak dapat dicerna oleh perut seperti makanan lain, tapi sistem pencernaan bisa memindahkannya melalui aktivitas usus dan akan terbuang melalui feses saat anak buang air besar. Tapi bukan berarti tertelan permen karet tidak berbahaya. Seperti dikutip dari Kidshealth, Minggu (3/1/2010), jika permen karet yang tertelan besar atau sering tertelan permen karet yang kecil-kecil bisa menimbulkan bahaya seperti dapat menghambat saluran pencernaan.


sumber :http://www.artiku.com/2008/06/02/permen-karet/ http://id.wikipedia.org/wiki/Permen_karet

dan berbagai sumber .


nama :riyani wijaya
kelas :XI IPA 2

0 komentar: