Sabtu, 25 Februari 2012

HEBATNYA BAKAT DAN MINAT










Orang sukses itu berawal dari niat, tekat, fikiran dan kemauan yang baik. Tapi semua itu gk akan berjalan lancar kalo orang itu gak punya minat dan bakat di bidang yang gak cocok sama dia.


APA SI BAKAT ITU ?


sebenarnya apa sih bakat itu? Apakah saya punya bakat? Makhluk semesterius apa sih bakat itu? Dimana bakat saya? Bagaimana cara menemukannya? Kepada siapa sebetulnya saya harus bertanya tentang bakat saya? Dan seterusnya.

bakat dalam pengertian bahasa atau dalam pengertian yang umum kita pahami, adalah kelebihan / keunggulan alamiah yang melekat pada diri kita dan menjadi pembeda antara kita dengan orang lain. Kamus Advance, misalnya, mengartikan talent dengan “natural power to do something well.” Dalam kamus Marriam-Webster’s, dikatakan “natural endowments of person.” Dalam percakapan sehari-hari kita sering mengatakan si anu berbakat di nyanyi, di bisnis, di IT dan seterusnya.

Jadi bakat itu adalah suatu kemampuan yang kita miliki dalam diri kita sendri. Misalnya kita jago matematika dan suka sama pelajaran matematika berartibakat kita tuh ya di matematika bukan di pelajaran olahraga.

TERUS MINAT ITU APA ?

Minat adalah salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. Contohnya, seseorang yang memiliki minat terhadap suatu obyek, cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar kepada obyek tersebut. Tapi jika obyek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka ia tidak memiliki minat pada obyek tersebut.

Crow and Crow berpendapat bahwa minat erat hubungannya dengan daya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi atau berurusan dengan orang, benda atau bisa juga sebagai pengalaman efektif yang dipengaruhi oleh kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain minat dapat menjadi sebab kegiatan dan sebab partisipasi dalam kegiatan itu.

Intinya minat itu suatu keinginan atau rasa ketertarikan seseorang untuk melakukan atau mememiliki suatu obyek. Contohnya Rizki menyukai bunga mawar, jadi dia terobsesi pada bunga mawar.

TERUS GIMANA CARA TAU BAKAT DAN MINAT KITA ?

Orang yang melakukan kegiatan yang tidak berdasarkan bakat dan minatnya biasanya akan mengalami depresi karena ia melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Maka dari itu kita harus mencari tau apa bakat dan minat kita itu apa, supaya gak nyesel nantinya.

Ada banyak cara agar kita gak salah salah pilih nantinya. Pertama, memahami potensi kekuatan diri sendiri. Kedua, tahu di mana ada peluang kerja. Ketiga, mempersiapkan segala sesuatu dan terakhir menguasai trik-trik agar diterima kerja.

Ada banyak juga lembaga atau media untuk menyalurkan dan mempelajari bakat dan minat kita. Salah satunya sekolah. Disekolah ada banyak kegiatan seperti eskul, organisasi bahkan studentday. Disana kita dapat mencari dan menemukan bakat dan minat kita. Contohnya eskul volly, basket, mading club, kimia club, dll tidak menutuk kemungkinan kita menemukan bakat kita. Atau mengikutin studentday dan organisasi. Yang jelas jika kita melakukan sesuatu dengan keahliaan dan kesukaan terhadap hal tersebut itu berati kita sudah menemukan bakat dan minat kita.

Normal 0 false false false IN JA X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

JADI MENURUT KALIAN ?


bu. Nisa (guru BP)

Normal 0 false false false IN JA X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Kenali, fokus dan jalani dengan serius agar sukses dimasa mendatang






satria akbar. N (siswa pesat xu.6)

kita melakukannya dengan senang hati






Harun ar-rasyid (humas osis XI. Ips 4)


Normal 0 false false false IN JA X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Memperdalam kegiatan itu dengan sabar, niat dan tekat yang kuat



Alvi luviani (siswi pesat X.6)

Kalo di tes kita juga bisa kok tau apa bakat yang kita punya.




Normal 0 false false false IN JA X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

oleh : heidy sailendra (xu.5), Rizki dwi oktaviana(xu.5), Husnul khatimah (xu.6)

0 komentar: