Sabtu, 25 Februari 2012

Sekolah Sehat

Sekolah sehat, sekolah idaman bagi semua warga sekolah.

Siapapun, pasti menginginkan lingkungan sekitar yang asri, bersih, dan sehat. Begitu juga dengan sekolah-sekolah di tanah air, menginginkan sekolahnya menjadi sekolah yang nyaman di pandang dan di tempati warga sekolah dengan lingkungannya yang sehat dan bersih. Mugkin sebagian dari kalian, program “sekolah sehat” sudah tidak asing di telinga.

Saat ini, sudah cukup banyak sekolah yang mengadakan program sekolah sehat di sekolahnya.

Tak hanya lingkungan sekolah saja yang sehat, tapi para guru juga menginginkan murid-muridnya menjadi murid yang sehat serta peduli terhadap lingkungan.

Ciri-ciri sekolah sehat

- Sekolah yang memiliki wawasan lingkungan dan kesehatan yang luas

- Memiliki UKS/Medical Center yang memadai

- Mempunyai tempat sampah organik dan non-organik

- Lingkungan sekolah yang bersih setiap saat

- Mempunyai kantin kejujuran

- Memantau kebersihan makanan di kantin

- Sekolah yang banyak ditanami tanaman hijau

(Rizka Nadiassyifa X.6)

Kata mereka tentang sekolah sehat:

Axelomoon dan Meldi ( X.U.1):” Menurut saya sekolah sehat itu sekolah yang bersih dari segi lingkungan dan siswa juga sehat secara mental dan rohani. Sedangkan kalau dari segi makanan, makanannya harus bersih tanpa pengawet atau bahan – bahan yang mengandung MSG. “

Glory dan Syifa (X.6): “Menurut saya sekolah sehat itu harus memiliki kantin jujur supaya kita bisa belajar tentang kejujuran. Tapi makanan kantinnya harus terlihat bersih dan juga tidak menggunakan bahan – bahan kimia yang berbahaya, supaya kita terhindar dari penyakit. Setelah itu medical centernya harus di tambah, karena terlalu jauh dari kelas unggulan dan kelas regular, terutama kelas yang ada di lantai dua. Sedangkan cara untuk mendukung sekolah sehat bisa dengan cara buang sampah pada tempatnya dan berpakaian rapi.”

Sensei Nunik (guru bahasa Jepang) : “ Menurut saya sekolah sehat itu adalah sekolah yang tidak ada samapah yang berserakan di jalan alian buang sampah sembarangan. Kemudian makanan yang di kantin harus sehat dan kamar mandi harus bersih.”

Putra Hari Nugraha (X.6): “Sekolah yang semua jajanan bagi warga sekolah harus sehat dan mengandung 4 sehat 5 sempurna, sekolah yang warga sekolahnya terhindar dari penyakit. Yang berhubungan dengan tempat sampah yang banyak.”

(Siti Masithah X.U.1 & Zulfa Fathimah X.6)

Rizka Nadiassyifa (X.6)

Siti Masithah F.L (X.U.1)

Zulfa Fathimah (X.6)

0 komentar: