Sabtu, 09 Februari 2013

Jadi Jurnalis Itu Gampang


Howdy-Book - Fenomena Citizen Journalism atau jurnalisme warga kini sedang marak dan berkembang pesat di Indonesia. Seiring majunya teknologi komunikasi sekarang ini telah memunculkan fase baru di era informasi dengan adanya keterlibatan masyarakat sebagai penyaji informasi, bukan hanya sebagai konsumen informasi. Meskipun sudah ada sejak dulu, istilah citizen jurnalism kini sedang sering diperbincangkan. Melalui citizen jurnalist, masyarakat seolah menjadi seorang jurnalis yang menyajikan informasi. Kini, buku yang mengupas tentang fenomena citizen jurnaslism pun bermunculan, salah satunya adalah buku karangan mahasiwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Imam FR Kusumaningati yang berjudul "Jadi Jurnalis itu Gampang!!!"
“Saat ini, warga biasa bisa menjadi pewarta. Melakukan kegiatan jurnalisme, sekalipun hanya seorang warga biasa. Warga yang tidak berpendidikan khusus jurnalistik”.
Kegiatan mewartakan berita tidaklah menjadi eksklusif lagi hari ini. Bukanlah hanya milik para wartawan profesional maupun institusi pers saja. Melainkan sudah terbuka bagi siapa saja yang memiliki semangat untuk berbagai. Berbagi apa saja dari yang ditemui dan diketahuinya.
The Spirit of Sharing - semangat untuk berbagi menjadi motivasi yang mendorong berkembangnya jurnalisme bergaya baru ini, yaitu Jurnalisme Warga alias Citizen Journalism. Di sini proses pencarian, pengolahan, dan penyebaran berita atau informasi terbuka bagi siapa saja yang mau melakukannya. Tidak memandang harus berpendidikan jurnalistik, alih-alih bekerja secara professional di sebuah media.
Patut disyukuri bersama, dengan Jurnalisme Warga ini menjadi semakin terbukalah demokratisasi media yang seutuhnya. Mulai dari sekarang, inilah waktu yang tepat untuk memulainya.


Prinsip Menulis :
·         Usahakan agar kalimat rata-rata pendek
·         Pilih yang sederhana daripada yang kompleks
·         Pilihlah kata-kata yang lazim
·         Hindari kata-kata yang tidak perlu
·         Beri kekuatan pada kata kerja
·         Tulislah sebagaimana anda berbicara
·         Gunakan istilah yang bisa digambarkan oleh pembaca
·         Hubungkan dengan pengalaman pembaca anda
·         Gunakan fariasi sepenuhnya
·         Menulis untuk menyatakan, bukan untuk mempengaruhi
Media-media citizen journalism :
·         Situs citizen journalism
·         Blog
·         Blog social
·         Micro blog
·         Situs jejaring social
·         Situs foto
·         Situs video
Nama kelompok : Annisa Dewi, Fitri Purwandari, Husnul Khatimah, Rizky Dwi.O, Wilantika Ferisca Claudia Ivana

0 komentar: