Sabtu, 09 Februari 2013

Jadi Jurnalis itu Gampang!!!






JURNALIS...

Yang orang awam pikir mungkin, "Apalah itu... tulis-menulis," atau mungkin juga "Ih ribet banget mesti cari hal buat ditulis."

SULIT.



Itu mungkin apa yang sebagian orang pikirkan kalau mendengar hal yang bersangkutan dengan Jurnalistik. Tapi kalau kita tahu hal yang satu ini, dijamin pikiran itu bakal hilang. Jadi jurnalis itu enggak sesulit yang di banyangkan kok. semua orang juga berhak dan bisa menjadi seorang jurnalis. jurnalis itu enggak selamanya selalu terikat dengan instasi media.

Pernah mendengar istilah Citizen Journalistic?


citizen jurnalistik memberikan kesempatan bagi siapapun untuk menjadi seorang reporter, walau hanya reporter amatiran sekalipun.


Tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari-hari kita sudah menjadi jurnalis. Contohnya? Kalian menyebarkan informasi melalui social media seperti Twitter, Facebook atau blog pribadi sudah termasuk dari jurnalis. Atau mungkin kalian melihat sebuah kejadian yang tidak sengaja kalian rekam, itu pun sudah menjadi bagian dari kegiatan jurnalistik.

Semua orang bisa menjadi jurnalistik.

Gak harus orang-orang yang bekerja di bagian media, tapi pelajar seperti kita pun bisa melakukannya.

Berbekal buku catatan, HP, dan pulpen saja sudah cukup untuk melakukan kegiatan jurnalistik. Ditambah dengan hal yang kamu ketahui ataupun berita yang baru saja kamu dengar, lalu kamu membagi informasi itu kepada orang lain.

Viola!

Jadilah kamu bagian dari citizen jurnalistik. Bagaimana? Masih berpikir menjadi jurnalistik itu susah? Mulailah menjadi bagian dari citizen jurnalistik sekarang juga!

By: Aisha Deane Pratiwi (XI U 6) dan Intan Aydha Pratiwi (XI U 2)

0 komentar: