Sabtu, 02 Februari 2013

Semua bisa jadi jurnalis


Berkenalan Dengan Citizen Journalism
Istilah citizen journalism terdiri dari dua kata, yaitu kata citizen dan journalism. Kata “citizen” memiliki arti “warga negara”, dan kata “journalism”memiliki arti “jurnalisme”.
Citizen Journalism atau jurnalisme warga adalah suatu bentuk kegiatan jurnalisme yang dilakukan oleh warga biasa.

Sejarah Lahirnya Citizen Journalism
       Lahirnya konsep citizen journalism sangat berkaitan erat dengan gerakan civic journalism tau disebut juga dengan istilah public journalism (jurnalisme warga) di Amerika Serikat setelah pemilihan presiden tahun 1988. Gerakan jurnalisme publik Amerika terhadap terhadap media – media mainstrem dan kekecewaan terhaadap kondisi politik saat itu.
       Di Indonesia sendiri Citizen Journalism dimulai dari stasiun radio, yaitu stasiun radio Elshinta yang sejak tahn 2000 menerima laporan berita dari warg melalui telepon seluler. Hingga saat ini, dengan jaringan di 60 kota, Elshinta memiliki lebih dari 100.000 reporter warga an setia melaporkan berita.

Konten Citizen Journalism
      Prinsip dasar dari citizen journalism adalah berbagi dengan sepenuh hati.
            Contoh:
            Saya punya berita dan merasa berita itu penting dan bermanfaat, maka berita terebut saya bagikan dan saya sebarluaskan agar manfaatnya dapat diterima orang lain.

Pentingnya Citizen Journalism
      Citizen Journalism memiliki arti yang sangat penting bagi jurnalisme profesional, karena citizen journalim sangat mengenal daerah mereka sehingga banyak sekali informasi yang sangat diperlukna oleh jurnalisme profesional dalam meliput berita. 

Manfaat Citizen Journalism
Manfaat citizen journalism kini seaka menjadi obat penawar atas segala informasi yang saat ini masih didominasi oleh jurnalis profesional media mainstream.
Bentuk – Bentuk Citizen Journalism
      Menurut Steve Outing (2005)
            1.Opening Up To Public Comment
                Situs di internet menyediakan tepat (kolom) komentar dari publik.
            2.The Citizen Add-On Reporter
                Menabahkan pendapat warga sebagai bagian berita yang ditulis oleh jurnalis proesional. Warga diminta menuliskan pengalamannya yang berkaitan dengan berita tersebut.
            3.Open-Source Reporting
                Sebuah bentuk kolaborasi liputan dengan sumber terbuka, di mana jurnalis profesional bekerja sama dengan pembaca yang memiliki pengetahuan tentang suatu masalah yang
     Memiliki pengetahuan tentang suatu masalah yang sedang terjadi, saling melengkapi dalam menghasilkan sebuah berita yang akurat.
4. The citizen Bloghouse
      Bloghouse warga, yaitu blog-blog gratis yang bisa memiliki oleh setiap ora, yang kemudian dapat digunakan untuk enuagkan cerita maupun gagasan kepada khalayak umum di seluruh pnjuru dunia.
5.Newsroom Citizen “Transpareny”Blogs
   Sebuah blog yang dmiliki oleh sebuah organisasi media sebagai bentuk transparan dan komunikasi dengan pembacanya.
6. Te Stand Alone Citizen Journalism Site: Editing Version
     Laporan berita dariwarga pada sebuah situs, tanpa mlalui proses penyuntingan.

Nama Kelompok:
1.      Febinia Sarah Tosy
2.      Natasya Sarawati
3.      Rizka Nadiassyifa Hala
4.      Siti Hazard Aldina
5.      Siti Masithah Fitri Lestary
 --  Yunia Dela .S
6.      Zulfa Fathimah

0 komentar: