Sabtu, 29 Oktober 2011

Hasil Perjuangan Siswa Pesat Dalam Biologi- Oleh Intan Aydha Pratiwi

Mid Semester, menjadi sebuah awal perlombaan bagi para siswa kelas X Unggulan maupun X reguler. Bagi mereka Mid Semester ini, menjadi ajang menunjukkan prestasi dan kemampuan mereka di bidang pelajaran atau minatnya.

“Untuk bidang Biologi, hasil mid semesternya untuk kelas X tahun ini. Masih stabil seperti tahun sebelumnya.” Tutur Bu Lulu, yang kerap di sapa Bu Ui. Menurutnya, ilmu yang diberikan belum semuanya mampu terserap sempurna oleh para siswa, hal ini terlihat dari presentasi siswa yang lulus dari standar KKM, hanya 80%. Dan sisanya harus mengikuti remedial, untuk perbaikkan nilai.

Hal ini terjadi karena muncul beberapa faktor, seperti : yang pertama pribadinya (yang lebih suka materi bentuk teori atau praktek), yang berdampak ke gaya belajarnya, yang mempengaruhi penyerapan ilmu yang diberikan gurunya.

Yang kedua adalah minatnya siswa terhadap materi pelajarannya, apabila siswa tidak atau kurang minat terhadap pelajaran Biologi. Sedikit-banyak materi yang diberikan sang guru atau mudah-sulitnya materi yang dijabarkan, materi tersebut akan sulit di serap oleh murid.

Yang ketiga adalah respon siswa terhadap gurunya, hal ini juga mempengaruhi minat siswa terhadap pelajarannya. Hal ini terlihat dari sikap guru terhadap siswa, kepedulian guru untuk membantu murid-nya, dan cara mengajarnya para guru.

“Tapi semua faktor tadi bisa diatasi dengan menghapal lebih giat lagi, belajar dengan cara yang kita sukai untuk mempermudah memahami materi berusaha menyukai pelajaran tersebut dan selalu berpositive thingking.” Tutur Bu Ui-selaku guru Biologi di kelas X.(In)

0 komentar: