Sabtu, 23 Januari 2010

Global Warming Buat Dunia Menjadi Warning

Panas, Panas, haah Panasnya hari ini tak seperti hari-hari 5 tahun sebelumnya, yang tadinya ada acara dengan teman batal semua karena panasnya cuaca. Tapi apa sih yang menyebabkan cuaca menjadi ekstrim seperti ini ???. Orang-orang saat ini tengah memperbincangkan hal ini dan sedang menjadi hot issue yaitu pemanasan global atau kerenya biasa disebut Global warming. Tapi apa yang menyebabkan global warming dan adakah hubungannya dengan efek rumah kaca.
Nah sekarang kita mulai dari hal yang sederhana yaitu apa sih Global Warming ??. Global Warming adalah peningkatan suhu rata-rata atmosferyang disebabkan oleh efek rumah kaca. Nah sekarang tau kan hubungan Efek Rumah Kaca dengan Global Warming. Dan sekarang kita mencari tahu tentang efek rumah kaca. Efek Rumah Kaca terdiri dari bahan-bahan perusak seperti CH4, CO2, NO, NO2, dan SO4. Kemudian bahan-bahan perusak tadi berkumpul dan terbang ke atmosfer dan kemudian menggumpal membentuk rumah kaca. Rumah kaca disini hanyalah istilah.
Yang membahayakan dari Rumah Kaca adalah cahaya matahari yang masuk ke bumi kemudian kembali ke angkasa nah disinilah Rumah Kaca itu bekerja cahaya tersebut di pantulkan lagi kebumi sehingga menyebabkan peningkatan suhu.
Dampak yang terjadi akibat Pemansan Global adalah:
1. Es kutub mencair
2. Kanker kulit
3. Peningkatan suhu
4. Penyebaran Flora dan Fauna yang tidak merata
5. Perubahan cuaca
Kelima dampak ini yang menyebabkan terancamnya kehidupan di bumi sampai ada slogan seperti ini :
"Andaikan ikan terakhir sudah ditangkap pohon terakhir sudah tertebang maka untuk apalagi adanya konservasi di bumi ini"
Yang perlu diperhatikan adalah dampak yang kelima yaitu perubahan iklim. Perubahan iklim itu sendiri terbagi dua yaitu "EL NINO" dan "LA NINA".
Tapi yang terpenting dari itu kita harus sadar akan kepunahan Flora dan Fauna, keberlangsungan hidup cucu kita. Walaupun Menanam pohon hanya untuk menyelamatkan hidup kita sendiri dan tak mengembalikan ekosistem yang ada tapi itu harus dilakukan. Karena Hari ini, esok, dan seterusnya ditentukan dari kesadaran kita.

(faqih XI IPA 5 /23 Jan 10/ @ RSBI)

0 komentar: