Sabtu, 16 Januari 2010

SIT BACK AND RELAX

Buletin Pezat51news Edisi Liburan Juni 2009

Sit Back and Rileks!!

Beberapa minggu kemarin, kamu-kamu yang duduk di bangku kelas 3 SMP dan SMU, pasti lagi sibuk menghadapi Ujian Nasional (UN). Pezat51_News ucapin selamat bagi kamu yang udah menempuh ujian, semoga kamu dapetin hasil yang terbaik. Begitu juga buat temen-temen yang duduk di kelas 1 dan 2 SMP maupun SMU, yang baru saja menempuh Ulangan Umum Semester Genap. Dimana ritual satu ini akan menentukan nantinya kamu bakal naik atau gak ke jenjang berikutnya. Semoga kamu semua mendapatkan hasil yang memuaskan.
Ngomong-ngomong masalah ujian. Kita sepakat bahwa saat muncul pertanyaan apakah kita pusing atau gak ngadepin ujian? 90% dari temen-temen pasti menjawab “IYA” terus 10% lagi kemana? 10% yang hilang tentu saja menjawab “TIDAK”. Mungkin yang 10% ini tidak menjalankan ‘SKS’ (Sistem Kebut Semalam), bagi yang menjawab “IYA” gak salah kok. Masih dalam taraf kewajaran.
Belajar ini, belajar itu. Hapal ini, hapal itu. Dunia serasa memusuhi kita dan gak ada waktu untuk bersantai. Kita juga jadi dikira orang gila karena sering kepergok bicara sendiri. Masalah tidak berhenti sampai disitu, gak jarang meskipun ujian udah lewat, tapi hati rasanya masih saja gak tenang. Malahan ngerasa stress banget. Apa sih yang sebenarnya terjadi? Ini disebut sebagai sindrom ujian. Kita serasa kehilangan nafsu pada dunia. Nggak tau apa yang terjadi. Hati rasa gundah gulana.
Bawaannya marah-marah melulu. Semua orang rumah kena semprot. Baik jika kita telah menampakkan gejala-gejala yang telah disampaikan tadi, jangan anggap enteng. Atau hal lainnya yang tidak pernah kita bayangkan akan kita lakukan, stress datang menyerang. Lebih gawat lagi kalo kita nggak punya tempat untuk berbagi stress kita itu. Gak cuma itu aja beberapa fakta juga menyebutkan bahwa meskipun stress adalah penyakit psikologis, namun ini bisa merambah pada fisikmu juga, loh!. Wah, makin serem aja!
Terus bisa gak sih kita melalui ‘masa-masa sulit’ ini dengan penuh kenyamanan? Tenang aja gak usah panik. Ada, kok cara untuk ngilangin masa suram ini. Salah satunya yaitu dengan berlibur. Berlibur sangat dianjurkan karena setelah sekian lama otak kita dipaksa kerja rodi dengan menghapal berbagai pelajaran, kini waktunya buat dia beristirahat sejenak.
Liburan (Holiday = Hari yang Suci) adalah hari yang paling dinanti-nanti. Siapa sih di dunia ini yang gak bakal jingkrak-jingkrak kegirangan kalo denger kata ajaib satu ini? Liburan yang panjang bisa jadi obat stress yang mujarab bagi sebagian orang. Dengan berlibur, membuat kerja otak tidak terlalu berat sehingga tekanan darah yang tadinya naik menjadi normal kembali dan pusing atau stress pun berkurang.
Banyak pilihan paket liburan yang setiap tahunnya ditawarkan pada kita. Mungkin bagi kamu yang tebiasa pergi keluar kota kali ini akan melakukan ritual yang sama untuk menghilangkan penat. Itu sah-sah saja. Asalkan bisa memuaskan dan menenangkan jiwa kamu, hal ini patut dilakukan. Tapi, sebisa mungkin control liburan kamu kali ini. Dan jangan terlali memaksakan jika memang kamu sedang mengalami yang namanya krisis keuangan.
Kamu bisa mencoba alternative lain seperti mencoba melakukan hal-hal positif yang tidak hanya mendapatkan ketenangan batin tapi juga bisa mempertebal pundit-pundi uang kamu. Khususnya bagi kamu yang mau menghabiskan liburan di rumah. Berekreasi dan mencurahkan isi hati kamu lewat kerajinan tangan bisa juga jadi pilihan.
Atau mungkin coba menulis. Gak perlu yang susah-susah tulis curahan hati kamu di situ. Bisa berupa cerita pendek atau puisi. Ini bisa mengasah bakat menulis yang kamu punya. Gak akan terasa tau-tau kita udah nulis sampai 100 lembar. Isinya? Tentu aja curahan hati kita. Lumayan siapa tau nantinya bisa dijadikan novel. Ck..ck… lumayankan?
Berbagai macam cara atau tujuan liburan yang kamu pilih adalah baik. Dan tujuannya adalah mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang. Oleh karena itu jangan sia-siakan liburan kamu kali ini. Make something brand new on your holiday! Dijamin liburan kamu makin seru dan berkesan.

0 komentar: