Sabtu, 26 November 2011

SEKOLAH MURAH = BERKUALITAS ?

Pendidikan, pendidikan merupakan hal yang sangat diburuhkan bagi semua orang di dunia untuk menentukan masa depannya. Pendidikan pun bervariasi, ada yang formal dan ada juga yang informal. Memang ilmu sangat mahal, karena ilmu salah satu menentukan di kehidupan seseorang, sukses tidaknya seseorang sangat ditentukan dengan ilmu yang dimiliki.

Pendidikan mahal, setiap orang tua pasti berfikiran pendidikan atau sekolah itu mahal. Di Indonesa terdapat 2 type sekolah, yang pertama adalah sekolah negeri dan yang kedua adalah sekolah swata. Sekolah negeri merupakan sekolah yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan sekolah ini juga berada dibawah kepemimpinan pemerintah atau Negara yang membuat sekolah ini identik dengan sekolah berkualitas, sedangkan sekolah swasta merupakan sekolah yang didirikan dan didanai oleh pribadi saja yang dianggap sekolah swasta ini adalah sekolah yang kurang berkualitas.

Bebagai macam komentar berdatangan untuk menanggapi hal seperti ini, contohnya dari bapak Sofyan (32) seorang guru agama islam di SMA Plus PGRI CIBINONG, beliau memberi pendapat bahwa “sekolah yang bekualitas adalah sekolah yang manajemennya bagus agar nantinya menghasilkan siswa siswi yang bekualitas, karena kalau manajemen di sekolah tersebut kurang baik maka otomatis siswa siswi di sekolah tersebut kurang baik dan sebaliknya kalau manajemen di sekolah tersebut baik maka otomatis siswa siswi di sekolah tersebut akan baik juga nantinya tergantuntung siswa siswinya” ujar beliau. “memang sekolah berkualitas sangat identik dengan mahal tetapi ada sekolah murah yang berkualitas walaupun masih sangat minim” ujarnya lagi.

Komentar selanjutnya berasal dari ibu Suciyati seorang penjual makanan dan minuman di sekolah SMA Plus PGRI CIBINONG, baliau memberi pendapat bahwa “sekolah yang berkualitas tigak hanya sekolah negeri, tetapi sekolah swasta pun ada yang bekualitas sedangkan criteria sekolah berkualitas adalah sekolah yang memiliki gaya belajar yang disiplin, pengalaman dan kualitas guru yang baik, fasilitas yang memadai” ujarnya.

Jadi, sekolah berkualitas tidak harus mahal asalkan masuk criteria dari sekolah-sekolah yang dianggap berkualitas. Tidak hanya sekolah negeri yang selama ini sangat diidentikkan dengan sebutan sekolah berkualitas, tetapi sekolah swasta pun tidak kalah bersaing untuk menjadi sekolah yang berkualitas tentunya haris sesuai dengan kriteria-kriteria sekolah berkualitas.(RM)

Foto0463.jpg Foto0462.jpg

(Ibu Suciyanti & Rinaldy) (Bapak Sofyan & Rinaldy )

RINALDY MEINAKI

XI IPA 1

0 komentar: