Jumat, 20 Mei 2011

Arema Bingung Susun Progam

Pelatih Arema FC Miroslav Janu berada dalam posisi yang serba tak menguntungkan. Problem yang masih mendera Arema FC membuat pelatih asal Replublik Ceska ini terlihat tidak percaya diri dengan program-programnya.

Dalam menentukan program persiapan menjamu Deltras Sidoarjo misalnya, ia terkesan serba salah. Miro, sapaan akrab Miroslav Janu, tidak menerapkan disiplin tinggi kepada pasukannya saat kembali latihan kemarin sore di lapangan Lanud Abdulrahman Saleh.

Miro hanya berharap pemainnya menepati jadwal yang ditetapkan tanpa embel-embel sanksi. Padahal, pelatih yang pernah menangani PSM Makassar ini terkenal sebagai pelatih yang super disiplin. Pun, ia belum menyusun program ujicoba dalam 10 hari ke depan.

Padahal idealnya tim harus mengembalikan performa dengan ujicoba, apalagi Noh Alam Shah dkk libur cukup lama. “Kita belum berpikir ujicoba. Saya sudah senang kalau pemain datang ke lapangan (untuk latihan). Saya lihat dulu kondisinya,” ujar Miro.

Dengan kondisi pemainnya yang belum menerima gaji, sikap keras Miro selama ini agak melunak. Dirinya sangat menyadari beban berat yang dihadapi pemainnya, walaupun latihan merupakan kewajiban tiap pemain. Baru kali inilah ia menghadapi kondisi ‘mengenaskan’ saat menangani tim Indonesia.

Pertandingan menjamu Deltras sebenarnya sangat penting bagi Arema. Setelah gagal total di Liga Champion Asia (LCA), Arema masih berkesempatan menambal malu dengan menggapai posisi runner up. Posisi paling bergengsi yang masih bisa diraih Singo Edan.

Namun dengan situasi yang demikian, nampaknya misi menduduki posisi runner up juga semakin jauh. Harapan tim berlogo kepala singa untuk membayar gaji pemain pun tak banyak. Hanya mengandalkan tiket laga home atau datangnya investor.

Jika berharap tiket laga home, maka pemain harus menunggu setelah pertandingan menjamu Deltras. Sedangkan berharap investor pun hingga sekarang masih buram. Praktis, Miro disuguhi tim dengan konsentrasi dan motivasi yang merosot tajam.

“Saya liburkan lama karena pemain tidak gajian. Kasihan mereka. Saya tidak tahu lagi bagaimana memotivasi pemain kalau konsentrasi tidak ada. Saya berharap kondisi ini cepat selesai,” tandas Miro. Ia menyesali situasi buruk justru terjadi di akhir musim.

Dengan hanya menyisakan beberapa pertandingan, Singo Edan butuh hasil sebaik mungkin untuk menyelamatkan gengsi sebagai juara bertahan. Deltras Sidoarjo, Persela Lamongan, Persijap Jepara, Persisam Samarinda dan Bontang FC bakal bergantian menjadi lawan Arema.

Kualitas calon lawan memang bisa dikata masih di bawah Singo Edan dan keempat laga digelar di Stadion Kanjuruhan, kecuali kontra persijap Jepara. Tapi dengan situasi yang serba tak pasti, posisi Arema masih tetap rawan.

Sumber : http://bola.okezone.com/read/2011/05/19/49/458949/arema-bingung-susun-program

Rony Anugrah
X unggulan 5

0 komentar: