Jumat, 20 Mei 2011

Kamis Esok, Jupiter Bersanding Dengan Bulan

Planet raksasa Jupiter bakalan bisa kita lihat di langit malam kamis besok. Tentunya kalau mau lihat dengan jelas kita harus menggunakan teropong astronom. Kamis esok, jupiter akan menggantikan posisi venus menjadi benda langit paling terang setelah bulan.

Planet bisa kita perhatikan dari bumi dengan mata telanjang. Memang tampangnya sama seperti bintang kalau terlihat dari bumi dengan mata telanjang. Tapi tau ga kalian apa bedanya bintang ama planet, walaupun bentuknya sama.

Kalau bintang berkedip, Planet tidak berkedip.

Tapi sih paling tidak bisa menggunakan teropong lapangan. Kalau mau lebih baik lagi pakai lewat teleskop. Teleskop yang ukuran menengah bisa menangkap gambar Jupiter dengan warna merah, kuning, dan coklat.

Jika beruntung, kalian juga bisa melihat kawanan bulan yang mengelilingi Jupiter. Saking besarnya, planet dengan diameter 143 ribu kilometer ini memiliki 63 bulan. Empat bulan terbesar pertama kali dilihat oleh astronom Italia, Galileo Galilei lebih dari 300 tahun lalu. Bulan itu diberi nama Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Nah… besok malam (Kamis 26/05/10), sekitar pukul 21.00, planet jupiter akan terlihat mengiringi purnama di langit timur. Jupiter berada di 6 derajat di bawah bulan.

Derajat langit bisa diukur dengan kepalan tangan : 1 kepal tangan = +- 10 derajat.
Jadi jarak Jupiter dan Bulan sekitar setengah kepal.

Jika langit tak berawan, bulan dan jupiter akan terlihat bersinar terang sepanjang malam, memanfaatkan pantulan sinar matahari. Jupiter menggantikan Venus, yang sudah tidak tampak, sebagai benda langit paling terang setelah Bulan.

Jupiter sedang berada pada lintasan perihelion, titik terdekat dengan matahari yang jaraknya 740 juta kilometer. Sehingga, Jupiter terlihat 11 kali lebih besar dan 1,5 kali lebih terang ketimbang 2005, dimana pada 2005 jupiter berada di lintasan aphelion atau titik terjauh di 816 juta kilometer.

Planet kelima dalam Galaksi Bima Sakti ini membutuhkan waktu 12 tahun untuk satu kali mengelilingi sang surya.

Sumber : http://gugling.com/kamis-besok-fenomena-alam-12-tahun-sekali-jupiter-akan-bersanding-dengan-bulan.html

Rony Anugrah

X unggulan 5

0 komentar: