Sabtu, 28 Januari 2012

Harga Buah Melonjak Tinggi
Semenjak tahun baru imlek harga buah-buahan seperti jeruk mandarin dan buah naga melonjak naik dikarenakan buah-buahan ini sangat lah diburu oleh para pembeli.
Lantaran pasokan masih terbatas, harga buah-buahan di Kota Cibinong tetap tinggi. Menurut sejumlah pedagang buah di Pasar Cibinong. Cibinong, kondisi itu dipicu oleh minimnya pasokan dari agen di daerah sehingga menimbulkan kelangkaan dan kenaikan harga.
Kenaikan harga terutama terjadi pada buah-buahan lokal dan import . Harga buah import biasanya menurun setelah Imlek, ujar Agus, seorang pedagang buah di Pasar Cibinong. Sedangkan, untuk buah lokal , harganya masih stabil, sesuai dengan kondisi sebelum Tahun Baru Imlek. Setelah Imlek, kata Agus, harga buah-buahan lokal dan import , seperti jeruk mandarin, buah naga biasanya memang meningkat.
Namun, lantaran minimnya pasokan dan harga angkutan dari luar daerah meningkat, beberapa agen yang memasok buah-buahan lokal itu menaikkan harga jual. Seperti harga jeruk mandarin yang masih berkisar dan Rp 7.000 hingga Rp 7.500 per kilogram. Dalam kondisi normal, harga per kilogram buah naga sebesar Rp 10.000 . Agus mengatakan, harga jeruk mandarin telah merangkak naik ketika tahun baru imlek.
Popika Marfiani XI IPA 3

0 komentar: