Sabtu, 28 Januari 2012

Selera Masyarakat Terhadap Media Cetak


Internet yang kian canggih makin membuat semua orang terkagum padanya. Sampai instansi-instansi media massa pun ingin membuka sayapnya hingga ke dunia maya, agar dapat diakses oleh orang-orang dengan praktis dan juga mudah. Tetapi, hasrat masyarakat terhadap kehausan mencari berita tetap tertuju pada media cetak. Mungkin media cetak tidak se-up to date media internet, tetapi tetap saja selalu memiliki ide demi memnuhi kebutuhan para pembaca. Hal ini sama dengan yang dikatakan oleh Komisaris Utama Radar Banten, Alwi Hamu, "Media harus memiliki konten atau rubrik yang dibutuhkan oleh pembaca sehingga media cetak tidak tertinggal dengan media-media lain berbasis teknologi, dalam hal ini media online”.
Masyarakat yang sebagian besar awam sangat menyukai media cetak ketimbang media lain, ini merupakan salah satu ciri bahwa masyarakat kita belum mengenal betul penggunaan media yang berbasis teknologi atau online. Beberapa pedagang koran seperti yang dikatakan oleh Ibu Siska (48th) berpendapat, kebiasaan orang-orang akan membaca menjadi alasan yang menjadi faktor yang membuat media cetak masih laku di pasaran. Hal positif juga datang oleh Ibu Titin (28th)

Ia berkata bahwa isi beita yang bagus dan menarik dapat mendorong pembaca untuk memilih media cetak. Salah seorang penggemar Koran warta kota, Mas Abuy (30th) juga merasakan manfaat dari media cetak, dengan terjangkaunya harga, ia juga bias menambah wawasan dari Koran tersebut. Lalu, Ia juga beralasan kalau menggunakan internet hanya bisa membuang waktu saja.
Entah apa yang dipilih oleh masyarakat, tetap saja semua ini dilakukan demi mencari kepusan terhapa informasi yang setip waktu terus bergantian.




oleh: Hobir Nur Ikhsan (XI IPA U5)

0 komentar: