Selasa, 22 Februari 2011

Barang Biasa Menjadi Luar Biasa

Barang-barang yang tidak terpakai sering kita jumpai sehari-hari sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan cara mendaur ulangnya. Salah satu contohnya adalah sampan plastik bekas kemasan makanan ataupun kemasan lainnya.

Di SMA Plus PGRI Cibinong ini, memberikan suatu wadah untuk kita para pecinta lingkungan agar bisa bereksplorasi dan menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi lingkungan yaitu melakui PELISAT (Pecinta Lingkungan Pesat).

Di ekskul PELISAT ini kita bisa membuat berbagai macam karya dari barang-barang yang tidak terpakai lagi dan kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat untuk diri kita sendiri dan lingkungan. Pendaur ulangan sampah tersebut tidak hanya meningkatkan nilai dari barang itu sendiri tapi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Ekskul PELISAT ini telah mengikuti berbagai macam perlombaan daur ulang limbah, salah satunya mendapatkan juara 3 pada lomba yang di adakan di Universitas Pakuan tahun 2010 lalu. PELISAT kini telah mencoba menanamkan semangat kepedulian terhadap lingkungan pada siswa-siswi SMA Plus PGRI Cibinong minimal pada lingkungan sekolahnya ini.

Produk-produk hasil karya dari siswa-siswi PELISAT ini dapat kita lihat di lemari khusus di gedung pembelajaan 1. Di sana kita bisa melihat-lihat berbagai hasil karya siswa PELISAT yang sederhana namun bermakna.

Ketika di tanyakan kepada Pembina PELISAT Fredy Anggiat mana diantara karya-karya ini yang paling menarik? Beliau menjawab, “semua hasil karya-karya anak-anak ini sangat menarik, namun yang paling unik dari semuannya adalah patung kakek yang sedang memikil ini, karena di buatnya dari bubur kertas dan vas bunga dengan bentuk yang unik ini.” Ujarnya.

Rencana PELISAT ke depannya adalah ingin mengembangkan sebuah tempat “TOGA” tanaman obat keluarga yang letaknya antara di dekat parkiran motor atau di belakang sekolah. Serta ingin membuat pupuk kompos sendiri sambil menunggu mesin pencacah daunnya datang. dengan adanya mesin pencacah daun ini kita bisa membuat lingkungan menjadi bersih dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian pupuk kompos.

Manfaat yang dirasakan para anggota dari ekskul PELISAT ini adalah mereka bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara pengolahan limbah yang benar dan dapat turut serta dalam upaya penyelamatan bumi dari ancaman sampah dan mengurangi global warming.

Jadi untuk para siswa-siswi SMA Plus PGRI Cibinong yang ingin berkontribusi positif dalam upaya penyelamatan dan keindahan lingkungan, bisa menjadi anggota dari Ekskul PELISAT ini. Upaya sekecil apapun dapat menyelamatkan bumi.. Let’s try from now..!

(Wilda Diah Ayu dan Luh Wulandari)

0 komentar: