Jumat, 25 Februari 2011

TIPS MENYELESAIKAN MASALAH

Temen-temen semua .. yang lagi banya masalah dan bingung banget masalah nya harus digimanain aku punya sedikit tips nih supaya masalahnya rada ilang dikit. :D

Pertama, Kenali Masalah

Boleh dibilang penyebab utama dari “Auw Ahh… gelap”… adalah karena kita gak mengenali dgn benar2 masalah yg sedang kita hadapi. Artinya kita lemah dalam penganalisaan atau gak pandai mengidentifikasi masalah, akibatnya… sesuatu yg sebenarnya bukan masalah dianggap masalah (atau sebaliknya), masalah serius dianggap remeh, masalah remeh dianggap serius, bahkan… sebenarnya gak punya masalah… malah merasa punya masalah… Karena masalah itu gak bisa mengenalkan dirinya sendiri…. so kita-lah yg harus pro-aktif berusaha mengenalinya… Gemana mau menyelesaikan masalah…. kalau kita sendiri gak tau masalahnya itu dimana ??!!… Untuk itulah maka… melatih diri untuk mempertajam kemampuan “peng-analisa-an” masalah yg dihadapi harus dilakukan.. biar bisa tetap tersenyum manis meski sedang dikerubungi masalah.

Yang kedua, Klasifikasikan Masalah dan bikin prioritas
Gak hanya hewan/tumbuh2an ajah yg perlu di-golong2-kan / di-klasifikasikan menurut sifat2 biologis atau fisiologis… masalah-pun perlu untuk diklasifikasikan atau dipilah-pilah. Selain (mungkin) berdasarkan sifat-sifatnya .. yg gak boleh dilupakan adalah… kita harus bisa mengklasifikasikan masalah2 tsb menurut tingkat ke-urgen-annya sehingga menjadi sebuah daftar urutan… dari yg sangat penting sampe yg gak penting… dan itu sangat penting dilakukan biar kita menjadi tahu mana yg penting untuk diselesaikan terlebih dahulu dan mana yg gak penting sehingga bisa kita abaikan. Lantas gemana caranya mengetahui masalah mana yg harus dieksekusi pertama kali…??? Begenee…. apabila masalah itu… jika gak cepat diselesaikan bisa bikin malapetaka/kematian dalam tempo jang sesingkat-singkatnya… maka masalah yg demikianlah yg digolongkan mempunyai kadar prioritas nyang paling tinggi dan harus ditempatkan diurutan yg pertama (dgn cara yg sama kita dapat mengetahui urutan berekutnya… dst… dst… dan seterusnya.) Jadi… bukan masalah yg paling mudah diselesaikan yg ditempatkan pada urutan pertama tapi yg punya resiko yg paling besarlah (mendesak) yg diprioritaskan untuk diselesaikan. Percayalah… jika pandai menyusun masalah2 yg ada maka… dari 10 masalah yg kita punya sesungguhnya hanya 3 aja yg perlu kita selesaikan..

Ketiga, Eksekusi masalah

Dalam meng-eksekusi masalah… perhatikan kemampuan. Kalo gak bisa.. nanya atao minta bantuan. Kedewasaan dalam melihat dan menyikapi suatu masalah harus senantiasa ditingkatkan. Akan sangat percuma… apabila kita hanya pinter aja tapi gak punya kedewasaan babar blas. Kepinteran dan kedewasaan harus seiring-sejalanlah… biar masalah bisa diselesaikan dgn tuntas…tas…tas…. (Karena biasanya masalah itu saling kait-mengkait maka begetoo simpul utamanya sudah berhasil dibuka… maka nyang lainnya bakalan mudah untuk diselesaikan so.. bisa jadi jika 3 masalah yg paling atas berhasil dieksekusi dgn sukses…. maka 7 masalah yg laen akan hilang dgn sendirinya digilas oleh sang waktu).

Next, Waspadai munculnya masalah baru
Mungkin… sementara kita sedang menyelesaikan masalah akan muncul masalah nyang baru lagee… maka kita harus selalu mewaspadainya. Seandainya masalah yg muncul itu mempunyai resiko yg besar… jangan ragu-ragu untuk mengubah daftar urutan prioritas yg sebelumnya telah kita susun. Yang bagus sih… emang seperti tag iklan-nya pegadain itu lho… “menyelesaikan masalah tanpa masalah”. Walhasil… dgn kita selalu waspada maka kita akan menjadi lebih focus dgn hidup dan kehidupan kita. Bahwa hidup itu akan selalu ada masalah itu sudah pasti… tapi memenuhi hidup kita dgn masalah akibat dari tindakan bodoh yg kita lakukan… adalah sebuah kebodohan yang sangat bodoh. Jadi… waspadalah… waspadalah… !!!

Terus, Jaga semangat dan jangan pernah putus asa
Bunuh diri… minggat dari rumah… mabok-mabokan… nginang nginex… menggunakan narkoba… selingkuh… atau tindakan bodoh lainnya cuman karena ingin lari dari masalah… adalah sebuah kesalahan. Menghadapi setiap masalah dgn penuh semangat dan menjauhkan diri dari keputusasaan merupakan langkah yg bijaksana. Jahh… semua masalah pasti ada jalan keluarnya… so mengapa mesti cari pelarian..???

Yang terakhir, Sabar , tetap tenang dan selalu berdoa
Gak perlu dijelaskan…. sudah sangat jelas toh..???!!

semoga tips nya dapat membantu temen-temen semuanya yaaa.. :D


(http://serdadu95.wordpress.com/2008/04/24/tips-menyelesaikan-masalah-yg-berjibun/)

Annisa Sayyidatul Ulfa

0 komentar: