Rabu, 23 Februari 2011

Pelajaran dalam perjalanan

Nama gue Amalia Kartika, gue biasa di panggil Amel sama teman-teman gue. Dan gue termasuk remaja yang paling beruntung didunia ini karena gue terlahir dari keluarga yang sangat berkucukupan bahkan lebih dari cukup dan juga mendapat kasih sayang penuh dari ortu gue. Semua permintaan gue pasti bakalan dikabulin sama bokap nyokab gue. Minta laptop, handphone, liburan ke luar negeri, sepatu-sepatu mahal sampai baju-baju mahalpun bokap nyokab gue sangat sanggup beliin dan dalam waktu satu hari semua barang-barang yang gue minta pasti langsung ada di depan mata gue. Makannya nggak heran kalau kadang-kadang gue suka sombong sama kekayaan yang dimiliki sama bokap nyokab gue. Apalagi sekarang gue juga sekolah di salah satu SMA yang memang sangat terfavorit dan mahal di Jakarta. Dan itu membuat gue tambah menikmati kekayaan bokap nyokab gue dan nggak heran kalau gue emang sama sekali nggak pernah ngerasain yang namanya hidup susah.

Adik-adik gue pun juga sama kayak gue. Mereka have fun banget sama fasilitas yang dikasih sama ortu gue. Mau minta mainan semahal apapun pasti bokap atau nyokab gue bakalan langsung ngebeliin. Kadang gue juga mendengar keluhan dari teman-teman gue yang ngiri banget sama gue. Selain gue keluarga orang kaya teman-teman gue juga iri sama keharmonisan dan kekompakkan keluarga gue. Yupz! That is true guys! Soalnya walaupun ortu gue sibuk kerja tapi mereka nggak pernah lupa untuk memperhatikan anak-anaknya. Kayak waktu itu kebetulan gue lagi belajar dikamar sampai semalam suntuk. Lalu tiba-tiba bokap gue masuk ke kamar gue dan gue tau banget malem-malem begini bokap gue pasti baru pulang dari kantor dan pasti capek banget tapi dia malah bilang “aduh..ndok. kok hari gini belum tidur? Lagi ngapain sih?”. Dengan mata yang masih memandang buku PR matematika gue pun menjawab sapaan bokap gue “iya nih pa..aku lagi ngerjain PR matematika. Susah bangeeet!” kata gue mengeluh.

“oh…sini-sini papa ajarin. Mana bukunya? Biar papa liat dulu soalnya kayak gimana.” Kata bokap gue sambil mengambil buku matematika gue yang daritadi tergeletak di meja. Setelah berpikir sebentar akhirnya bokap gue pun mengajarkan gue tentang penyelesaian soal matematika itu dengan sangat sabar. Padahal gue tau banget pasti dia capek karena baru pulang kerja. Tapi ya itulah bokap gue, dia emang sayang banget sama keluarganya terutama anak-anaknya.

Setelah kejadian itu, di sekolah gue langsung cerita sama teman-teman gue. Dan mereka bilang “iih..enak banget sih punya bokap kayak bokap lo. Padahal capek abis pulang kerja tapi masih mau ngajarin lo PR matematika. Bokap gue sih boro-boro!” sahut Lita

“apalagi bokap gue. Seminggu udah ada dirumah aja itu udah hebat banget!” kata Anggi yang memang ayahnya itu jarang sekali pulang kerumah karena urusan bisnis.

“ya…syukurin aja hidup lo semua. Itu memang udah takdir. Hehehe..” kata gue sambil terkekeh melihat ekspresi dari teman-teman gue.

Bel masuk pun berbunyi akhirnya gue dan teman-teman gue pun memasuki ruang kelas untuk menerima pelajaran yang diberikan guru. Di sekolah gue juga bukan termasuk murid yang pintar banget dan juga bodoh. Alhamdulillah gue dari SMP nggak pernah yang namanya hengkang dari Peringkat 10 besar di kelas. Ya paling tinggi sih waktu itu gue dapet ranking 4 waktu kelas 2 SMP. Dan waktu ujian semester 1 kemarin gue dapet ranking 9 di kelas, nggak buruk-buruk banget kan?. Ortu gue juga nggak keberatan gue dapet ranking 9 dikelas karena sekolah gue selain mempunyai murid-murid yang kaya, otak anak-anaknya juga pintar-pintar banget. Jadi gue termasuk lumayan kan kalau dapet ranking 9. Hehe…

Nah..abis dapet predikat ranking 9 itu gue langsung minta dibeliin Handphone Blackberry yang model baru sama ortu gue. Gue minta handhphone Blackberry karena gue udah merasa bosan banget sama handhphone gue yang lama. Ya..walaupun baru ganti 3 bulan yang lalu tapi tetap aja rasa bosan gue sama handphone express music gue itu nggak bisa dihilangkan. Setelah beberapa hari menjelang tahun baru 2011 dan mumpung semua keluarga gue emang lagi ngumpul di ruang keluarga. Gue pun langsung mengutarakan keinginan gue sama ortu untuk minta dibelikan handphone baru. “mama papa…aku mau handphone blackberry nih.”

“buat apa? Baru aja kemarin ganti handphone masak mau ganti lagi?” Tanya papa

“aku udah bosan sama Handphone yang itu.” Kata gue memelas

“emang buat apa kamu beli blackberry?” kali ini mama yang buka mulut juga

“ya..buat BBMan sama teman-teman terus biar gampang kalo mau buka internet.” Kata gue mencoba mencari alasan karena tumben banget ortu gue nanya-nanya kayak gini biasanya kan langsung bilang iya.

“terus apa gunanya laptop kamu kalo nggak buat browsing?” Tanya mama lagi kali ini mukanya lebih judes

“ya..kan kalo Blackberry lebih praktis ma..” kata gue masih dengan tampang memelas

“ini nih..kalo udah kebiasaan minta apa aja di turutin jadi kayak gini nih. Manja!” kata papa

“iih..papa aku kan Cuma minta Blackberry yang model baru doang masa nggak dibeliin sih?”

“jangan Pa! kali ini jangan diturutin permintannya. Biar dia usaha sendiri buat beli Blackberry. Biar dia tau Pa kalau cari duit itu nggak gampang” kata mama

“yahhh….mama. Pleaaaseee….” Kataku memohon dengan amat sangat

“nggak! Papa juga udah nggak mau nurutin semua keinginan kamu. Nanti kamu malah ngelunjak lagi. Udah lebih baik kamu kumpulin dulu uang jajan kamu buat beli Handphone baru.” Nasihat papa

“yaaah….Pa. Please pa…” kata gue memohon sama papa dengan harapan papa akan…..

“Papa bukannya pelit atau gimana mel, tapi ini buat kebaikan kamu juga supaya kamu tau kalau nyari uang tuh nggak gampang dan uang tuh nggak Cuma buat hura-hura aja.” Kata Papa

“aah…papa sama mama jahat!” kata gue lalu meninggalkan mereka dan langsung masuk ke Kamar.

Di kamar gue langsung merebahkan badan gue dikasur dengan wajah yang masih cemberut karena ortu gue nggak mau beliin gue Handphone Blackberry. Padahal beli blackberry aja kan nggak bikin miskin, huuuh…batin gue. Lalu tiba-tiba Handphone gue berbunyi pertanda ada sms masuk dan setelah gue buka inbox-nya ternyata sms dari Lita: Mel, jd ikut kita2 ga tahun baruannya?

Dengan senyuman yang akhirnya merekah di bibir gue, gue pun membalas sms dari Lita : ikuut dong! Emg mo kmana?. Beberapa detik kemudian handphoneku berbunyi kembali ada tanda sms datang, masih dari Lita : ke plaza semanggi aja ya…mau ke bali tp ank2 cwo’a lg pda ga megang duit. Hehe

Gue : ok deh! Ga ke bali jg gpp yg pnting rammmeeee..! hehehe

Lita: siip! Jgn lpa lho.kita kan mo have fun!

Gue : iya..gw ga bakal lupa kok! Hehe.

Setelah itu gue pun langsung tidur dengan nyenyak diatas kasur gue walaupun hati gue masih marah karena gue nggak dibeliin Blackberry sama ortu gue.

Hmm…liburan akhir tahun kayak gini gue biasanya udah check in ke Bali sama teman-teman gue buat ngerayain Tahun baru. Tapi kali ini gue sama teman-teman gue lebih memilih untuk ngerayain tahun baru di Jakarta karena selain anak-anak cowok yang lagi nggak punya duit gue juga nggak bakal megang restu dari ortu buat pergi ke Bali. Yaiyalah! Ortu pasti masih marah gara-gara gue ngotot minta beli Blackberry jadi nggak mungkin banget kalo ortu gue ngizinin gue pergi ke Bali. Yaudah deh..terpaksa tahun baruan di Jakarta.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Gue dan teman-teman gue udah janjian di salah satu kafe yang memang tempat biasa gue dan teman-teman gue kalo nongkrong di Plaza semanggi. Jam 3 sore gue berangkat dari dumah menuju Plaza semanggi dengan diantar oleh Bokap gue. Dan di dalam mobil gue dan bokap sama sekali nggak ngobrol sepatah kata pun. Paling-paling ngomong seperlunya aja dan selama perjalanan gue memang sengaja memasang muka cemberut didepan bokap gue dengan harapan bokap akan langsung berubah pikiran dan beliin gue Blackberry. Tapi ternyata harapan gue hampa. Karena sampai gue tiba di Plaza semanggi pun bokap gue Cuma bilang kayak gini “jangan malam-malam ndok pulangnya..” dan dengan wajah yang masih cemberut juga gue jawab “iya Pa, terus nanti Papa bisa jemput kan?”

“mmm…nggak tau ndok. Kan Papa sama Mama dan adik-adik kamu mau Tahun baruan di rumah nenek di Bogor.”

“yah…yaudah deh nanti aku pulang naik Taksi aja.” Kata gue sambil mencium tangan bokap

“yaudah…hati-hati ya.” Kata bokap sambil berlalu dengan mobilnya.

Gue pun langsung memasuki Plaza semanggi dan menuju Kafe yang sudah dijanjikan dan ternyata disana udah ada teman-teman gue yang lagi pada ngobrol. Udah ada Lita, Anggi, Ilham, fathur, dan Andri. Ya..kita ber-enam memang sahabatan banget dari pertama masuk SMA dan kita emang udah biasa merayakan Hari ultah, Hari jadian dan Malam Tahun baru bareng dan emang Cuma mereka ber-enam yang KLOP banget buat jadi sahabat-sahabt gue. “hei..udah lama ya?” sapa gue dengan teman-teman gue yang lagi pada asik ngobrol

“ya..lumayanlah.” Sahut Anggi

“eh Tahun baru gini enaknya ngapain nih?” Tanya Fathur

“mmm….party aja yuk. Hehe..” ajak Ilham terkekeh

“itu sih lo ya yang doyan dugem, gue sih nggak!” bantah gue

“ya..coba-coba aja dulu. Kali aja lo ketagihan dugem mel” ledek Ilham

“iih…gini-gini gue anak baik-baik ya. Weee” kata gue sambil melet bermaksud meledek Ilham

“mending lo semua temenin gue shopping!” Kata Anggi

“ah..males kalo nganterin cewek belanja. Capek!” keluh Andri

“yah..sebentar kok. Kalo nggak lo aja deh Mel yang nemenin gue shopping. Gimana?” Ajak Anggi

“nggak ah…gue lagi nggak ada duit nih! Bokek banget gue, Cuma bawa duit tiga ratus ribu gue.” Keluh gue

“tumben amat lo bawa duit dikit. Emang nggak dikasih duit sama bokap lo?” Tanya Andri

“boro-boro dikasih duit tadi aja pas bokap gue nganterin gue kesini. Di mobil gue sama sekali nggak ngobrol sama dia sekalinya ngomong juga yang perlu-perlu aja.” Sahut gue

“tumben? Lagi ngambek lo mel sama bokap lo?” Tanya Lita

“yoi..gue ngambek gara-gara gue nggak dibeliin Blacberry sama ortu gue. Parah banget kan?”

“hahaha….gitu aja ngambek lo! Kan bisa beli pake duit lo sendiri mel.” Kata Ilham ngakak

“iya gue tau! tapi kan lo tau sendiri gue paling nggak bisa yang namanya menabung. Sekalinya nabung juga itu karena gue mau shopping sama Anggi. Ya nggak, gi?” Kata gue yang kemudian di iyakan oleh Anggi.

“kok tumben amat Bokap lo nggak nurutin permintaan lo Mel?” Tanya Lita

“iya katanya sih biar gue belajar menghargai uang lah, biar gue nggak manja lah, dan segala macem.”

“oh…tapi bagus juga sih kata bokap lo. Biar lo jadi anak yang baik juga mel.” Sahut Lita

“oooh…jadi selama ini gue bukan anak yang baik. Gitu?” kata gue mendelik kepada Lita

“ya maksud gue anak yang baik buat ortu lo gitu mel…” Kata Lita lembut

“ah bodo ah! Udah yuk jalan-jalan aja daripada disini terus bosen tau!” ajak gue sambil berdiri lalu diikuti teman-teman yang lain.

Malam tahun baru kayak gini memang agak membosankan Karena gue dan teman-teman Cuma keliling-keliling mall aja daritadi. Paling si Anggi yang seneng banget diajak keliling karena sekalian dia ngeliat-liat barang-barang yang lagi diskon dan bagus terus dia belanja deh. Sedangkan gue dan teman-teman yang lain palingan beli barang yang bikin tertarik aja. Gue sendiri Cuma beli Majalah dan novel di toko buku. Abis duit gue tiris banget!. Karena capek abis keliling Mall akhirnya gue dan teman-teman pun balik lagi ke kafe yang tadi untuk makan. Dan di kafe gue sama teman-teman gue Cuma ketawa-ketawa cekikikan karena melihat Fathur yang mesen makanan banyak banget sampai dia keselek pas makan karena gaya makannya yang maruk abis!.

Setelah puas makan, jalan-jalan sampai ngeliat pesta kembang api akhirnya gue dan teman-temanpun memutuskan untuk pulang. Semua teman-teman gue pulang dengan naik mobilnya Ilham karena mereka semua memang rumahnya searah, Cuma gue doang yang pulang beda arah sama mereka. Akhirnya gue pun pulang dengan naik Taksi. Tapi sialnya pas gue lagi menunggu taksi datang gue memeriksa Tas gue ternyata duit gue udah nggak ada!. Duit gue Cuma tinggal 10 ribu di Tas, terus duit gue yang lain kemanaaa? batin gue panik. Padahal tadi kan gue Cuma beli majalah, novel sama makan dan semua itu nggak bikin duit gue abis. Paling Cuma terpakai seratus atau dua ratus ribu tadi tapi kenapa duit gue tiba-tiba tinggal sepuluh ribu????. Waduuuh…gue pulang naik apaan?. Minta jemput sama bokap nggak mungkin karena bokap lagi ada di Bogor, sama supir dirumah juga nggak mungkin karena mereka lagi pada pulang kampung juga buat ngerayain Tahu baru. Terus gue pulang gimana dong?.

Dengan mengambil langkah seribu akhirnya gue mencoba untuk menelepon teman-temen gue untuk balik lagi kesini supaya mereka bisa nganterin gue pulang. Tapi ternyata pas gue telpon Lita, dia udah jauh banget dari sini dan nggak mungkin balik lagi. Akhirnya gue pun menelpon bokap gue dan dia malah bilang gue disuruh naik angkot!! Gila kan? Angkot? Dari SD sampai SMA gue belum pernah yang namanya naik angkot. Tapi yaudahlah daripada gue nggak pulang. Akhirnya dari Plaza semanggi gue jalan dulu ke Terminal bus buat nyari angkot dan selama perjalanan ke terminal bus gue banyak banget ketemu sama anak-anak yang seumuran sama adik gue lagipada tidur di kolong jembatan. Tapi biarpun tidur dikolong jembatan mereka tetap tidur dengan nyenyak. Dan nggak jauh dari situ gue juga ngeliat dua anak laki-laki yang lagi berebutan makanan padahal Cuma nasi bungkus yang isinya nggak banyak.

Sampai di terminal gue juga melihat ada anak pangemis yang lagi minta terompet tahun baru sama ibunya yang juga pengemis tapi ibunya nggak mau beliin karena nggak punya uang. Tapi ya namanya juga anak-anak mereka belum ngerti akhirnya gue pun membelikan anak kecil itu sebuah terompet seharga lima ribu rupiah. Karena menurut perhitungan gue ongkos gue dari terminal kerumah palingan Cuma lima ribu rupiah doang. Dan itung-itung itu juga buat rasa terimakasih gue sama anak itu karena udah memberi pelajaran yang sangat berharga buat gue. Mungkin kalau nggak ketemu mereka gue nggak akan sadar kalau masih banyak orang miskin di dunia ini. Dan gue juga harus bersyukur sama Tuhan karena gue lahir dari keluarga yang sangat berkecukupan tapi justru itu malah bikin gue sombong. Padahal kan yang kaya itu ortu gue bukan gue. Dan karena kejadian ini gue janji setelah ketemu sama ortu, gue akan minta maaf atas semua ke-egoisan gue selama ini dan gue juga akan nge-batalin niat gue untuk minta beliin Blackberry. Mendingan duitnya buat disumbangkan ke anak-anak jalanan atau ke panti asuhan aja.



BY: Rizqy Nur Amalia (X.ungg.5)

0 komentar: