Sabtu, 12 Februari 2011

Kimia Sebagai Sahabat Kehidupan

Mungkin bagi sebagian orang kimia sangatlah membosankan dan sangatlah sulit. Kimia seakan momok yang sangat menakutkan disamping ilmu matematika dan fisika. Padahal ada yang tidak kita sadari, semua yang ada di sekitar kehidupan kita tidaklah terlepas dari unsure kimia. Oksigen yang kita hirup pun adalah salah satu unsure kimia.

Jika kita mendengar kata “kimia” apa yang ada di benak kita? Pada umumnya setelah kita mendengar kata kimia yang terlintas dalam benak kita hanyalah sesuatu yang menakutkan, merugikan, dan membahayakan.

Namun, coba kita cermati lebih dalam, kimia dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dan suatu negara. Contohnya adalah pengembangan energy nuklir. Energy nuklir sangatlah bermanfaat di dalam pemecahan masalah krisis energy yang saat ini mengancam kehidupan umat manusia di permukaan bumi. Energy nuklir adalah energy yang ramah lingkungan dan harganya pun murah jika di bandingakan energy fosil seperti batu bara, minyak bumi, dsb.
Dahulu, Indonesia adalah pengekspor minyak bumi, namun sekarang karena pemakaiaan bahan bakar fosil yang sangat tidak terkendali Indonesia justru menjadi negara pengimpor minyak bumi.

Kita bisa mencontoh kemajuan teknologi nuklir iran. Iran berhasil melepaskan diri dari ketergantungan energy yang berasal dari bahan bakar fosil, mereka berhasil mengembangkan energy nuklir untuk kedamaian dunia.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Kimia Indonesia Dr. Muhamad A. Martoprawiro, PhD yaitu, kita haruslah “melek kimia” agar kita tidak tertipu dengan segala macam tawaran produk kimia yang ada di iklan. Contohnya air beroksigen, jika kita cermati, kita tidaklah butuh air beroksigen, karena kita menghirup oksigen bukanlah dari air tetapi dari hidung kemudian dip roses di paru-paru. Jika kita tertipu sama saja kita dengan ikan gurame yang butuh oksigen di dalam airnya. Itu adalah contoh kecil perlunya kita mengetahui kimia lebh dalam”. Ujarnya.

Oleh sebab itu, marilah kita mulai membuka cakrawala pengetahuan kita secara lebih luas. Sehingga kita bisa melihat sesuatu dengan sudut pandang yang lebih luas, salah satunya adalah kimia. Mari kita majukan Indonesia dengan ilmu kimia..!

Wilda diah ayu puspitaningrum
Xi ipa 4

0 komentar: