Jumat, 05 Februari 2010

Dia Yang Juga Berjasa

Apa yang ada dibenak kalian tentang seorang tukang sapu jalanan ? Apa pekerjaan mereka itu begitu berjasa ? Banyak orang yang sangat memandang rendah pekerjaan seorang tukang sapu jalanan. Toh mereka hanya seorang tukang sapu yang kerjanya hanya membersihkan sampah-sampah dijalan. Tapi saya punya pandangan lain tentang mereka. Mereka juga adalah orang-orang yang sangat berjasa. Pernah saya melihat tukang sapu jalanan yang sedang beristirahat dibawah pohon sambil menikmati sebungkus nasi denagn tubuh dan wajah yang penuh keringat. Sangat miris saya melihat mereka. Untuk mendapat sebungkus nasi mereka rela berpanas-panasan dan bercampur dengan debu. Apalagi ketika mereka harus bekerja "dua kali" ketika ada orang yang membuang sampah dijalan yang sudah dibersihkan. Satu kali saya pernah disuruh memberikan uang kepada salah seorang tukang sapu yang sedang bekerja oleh ibu saya. Ketika saya akan membuka kaca mobil dan akan memberikan uang itu, ia berkata yang membuat saya berpikir, "saya bukan pengemis dik. terima kasih" begitu ujarnya. Ketika itu saya langsung terpikir bahwa mereka bukan orang yang ingin diberi uang tanpa usaha mereka sendiri .

0 komentar: