Senin, 01 Maret 2010

GENCARNYA … … GLOBAL WARMING !!






Bumi menangis… ya,ini karena ulah manusia yang semakin lama, semakin susah untuk menjaga alam dan lingkungan sekitar.


G lobal warming dari namanya saja sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya Global warming atau pemanasan global, kian meningkat tiap tahunnya. Akibat kurang sadarnya seluruh masyarakat penghuni bumi kalau selama ini mereka semua tanpa sadar sedikit- demi sedikit telah merusak bumi kita ini. Global warming terjadi karena adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca”. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100. Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan. Banyak hal yang menyebabkan rusaknya bumi, yaitu penebangan hutan secara illegal, polusi,efek rumah kaca,pencemaran tanah dll. Semua itu kita lakukan tanpa rasa bersalah,padahal efeknya sudah semakin kita rasakan misalnya banjir,longsor,cuaca yang semakin tidak menentu dan yang paling penting dampaknya adalah pini[isan lapisan ozon yang melindungi bumi dari sinar matahari.
Kita sebagai pelajar dan generasi penerus seharusnya bisa sadar kan dampak yan ditimbulkan dari Global Warming yang kian lama makin memburuk, dan sebaiknya kita gak ikut-ikutan dalam merusak alam, tapi kita seharusnya bisa lebih dulu sadar dan melakukan pencegahan untuk dampak terburuk dari semua ini. Emang gak gampang sih buat ngelakuin hal baik terlebih lagi buat kepentingan umum, tapi kan semua hal yang baik itu harus dari hal yang besar, tetapi kita coba lakuin dulu dari hal yang paling kecil misalnya membuang sampah pada tempatnya, seenggaknya udah ada hal yang kita lakuin buat ngejaga bumi kita ini dari pada ongkang-ongkang kaki dan bermalas-malasan dan Cuma bisa ngomong aja juga gak akan ngasilin apa-apa.
Faktor dan dampak
Ada berapa ya faktor yang menyebabkan terjadinya Global Warming ? ”kira-kira ada 3 faktor yang menyebabkan terjadinya Global Warming yaitu , penyalahgunaan tehnologi, pemakain ACdan zat CFC yang dapat merusak lapisan ozon, dan hubungan ketidak harmonisan antara manusia dan alam” jawab Eka siswa SMA PLUS PGRI CIBINONG.
Memang bener hubungan yang gak harmonis antara manusia dan alam dapat menimbulkan rasa gak peduli sama alam sekitar dan seharusnya rasa peduli itu kita tanam dari dini, supaya generasi penerus kita gak kehilangan kesempatan buat menikmati alam ini. Dapak yang ditimbulin th, pasti banyak banget karena ini adalah alam yang mana ditinggalin sama manusia.
Dampak Yang paling banyak adalah menyebabkan hujan asam akibat polusi pabrik dan kendaraan. Jadi temen-temen dari sekarng mulailah kita hidup sehat dan jaga alam serta llingkungan sekitar.

APA KATA MEREKA SOAL GLOBAL WARMING ?


EKA ISWANTO

SISWA SMA PLUS PGRI CIBINONG X-8

menurut saya,Global warming banyak banget nimbulin dampak-dampak negative daripada positifnya dan global warming terjadi juga karena ulah manusia.


NURZAHARA

WAKIL MPK SMA PLUS PGRI CIBINONG CIBINONG

GLOBAL WARMING !!

menurut saya disebabkan oleh atmosfer kita yang sekarang sudah semakin menipis karena ulah kita sendiri .


FACHRUDIN

GURU GEOGRAFI SMA PLUS PGRI CIBINONG

Global Warming adalah pemanasan secara menyeluruh dengan arti semua iklim di Dunia ini akan berubah drastis dan sinar matahari yang masuk kedalam bumi tidak bisa disaring lagi oleh lapisan ozon yang akan terus menipis





TIPS CEGAH GLOBAL WARMING !

1. Banyakin nanem pohon,seperti yang dicanang

kan bapak Susilo Bambang Yudiyono, tanam 1000 pohon,

2. Lakuin daur ulang kertas supaya gak banyak pohon lagi yang ditenang secara illegal,

3. Melakukan konservasi secara besar-besaran

4. Hemat bahan bakar,

5. Dan jaga lingkungan sekitar kita, lakukan hal yang kecil tapi berguna dimasa mendatang.


0 komentar: