Jumat, 12 Maret 2010

MENJAGA KESEHATAN DI MUSIM PANCAROBA



Kesehatan itu penting! Mungkin kalimat ini sudah sering kita dengar. Jika kita sehat, kita dapat melakukan aktivitas dengan optimal. Tetapi, bagaiman jika kita sakit? Hmmm… pasti tidak menyenangkan, aktivitas pun terbengkalai dan pekerjaan kita tidak selesai.


Kita sangat sering mendengar kata kesehatan. Berbicara mengenai kesehatan, kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup ini. Apapun kegiatan kita, ketika kita sehat akan menjadi optimal dari pada saat tubuh sedang sakit. Terlebih lagi, di musim pancaroba seperti ini. Perubahan cuaca dapat menimbulkan berbagai penyakit. Jadi, kita harus selalu menjaga kesehatan!

Apa pengertian dari kesehatan?
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dari pengertian tersebut, menunjukkan bahwa kesehatan itu sangatlah penting baik untuk anak-anak, hingga orang dewasa dan lansia. Oleh karena itu, jagalah kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
Kesehatan sangat berguna di dalam kehidupan kita sehari-hari. Pekerjaan dan aktivitas apapun jika dikerjakan dengan tubuh yang sehat, hasilnya pun pasti memuaskan.dan sebaliknya, jika kondisi tubuh sedang tidak sehat maka segala aktivitas kita hasilnya kurang optimal. Tubuh yang sehat akan menimbulkan pikiran positif dan energi yang sangat kita perlukan untuk beraktivitas sehari-hari sebagaiman mestinya.
Kesehatan dipengaruhi dari berbagai macam faktor, diantaranya adalah: faktor cuaca yang berubah dengan ekstrim, pola hidup yang kurang sehat, makanan dan minuman yang tercemar dan kebersihan lingkungan. Faktor-faktor inilah yang pada umumnya menjadi masalah kesehatan yang sering kita jumpai dimana-mana. Untuk menjaga kesehatan dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Apa kata mereka:


1. Ukemar
(Staff pengajar di SMA Plus PGRI Cibinong)
Kesehatan itu penting! Karena dimulai dari badan yang sehat kita pasti melakukan sesuatu lebih semangat, pikiran pun jadi positif dan hari-hari kita lebih menyenangkan dan hasilnya pasti lebih baik.






2. Zulfah ulfia hamam (I5 Thn)
(Siswi kelas X-10 SMA Plus PGRI Cibinong)




Kesehatan tidak bisa dibeli dengan apapun. Kesehatan yang kita miliki cuma satu kali dalam hidup ini dan tidak akan terganti dengan apapun.


3. Intan chika Okviani (15 Thn)
(Siswi kelas X-4 SMA Plus PGRI Cibinong)
Kalau kita sakit, kita tidak bisa melakukan aktivitas dengan optimal. Maka, harus waspada dengan musim pancaroba seperti ini!


4. Dwi Novia Pratiwi (15 thn)
(Siswi kelas X-3 SMA Plus PGRI Cibinong)


Kalau kita sakit, kita tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa dengan baik.






Tips-tips menjaga kesehatan:

•Mulailah mengatur gaya hidup yang baik. Salah satunya dengan berolah raga secara teratur.
Menjaga pola makan kita sehari-hari.
•Menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar.
•Minumlah vitamin agar badan tetap sehat.
•Segeralah periksakan diri ke dokter jika kita sakit.
•Membangun kesadaran diri dan masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga kesehatan.
•Membawa paying atau jas hujan ketika msim hujan datang.

Nah, sekarang kita telah mengetahui tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan. Semoga hal ini dapat bermanfaat untuk kita semuadan berprestasilah dengan sebaik-baiknya.

Wilda diah ayu puspitaningrum X-10
Student day jurnalistik
SMA Plus PGRI Cibinong





0 komentar: