Jumat, 05 Maret 2010

Makanan Enak Tapi Tak Sehat

Makanan Enak Tapi Tak Sehat

Coba kita bayangkan seandainya makanan yang enak itu dapat menimbulkan bahaya ?? apakah kita sadar dengan semua itu ?? apakah kita mengetahui bahwa makanan enak itu dapat berbahaya bagi tubuh kita ??

Yuk,kita lihat pemahaman makanan bagi kesehatan tubuh kita!!!Definisi makanan menurut orang dulu artinya sesuatu yang masuk kedalam mulut yang akan dikonsumsi,dicerna,didalam tubuh kita.Sesuatu yang membuat kita lapar,harus ada yang dikonsumsi yaitu makanan.Makanan itu banyak jenis macamnya.Makanan itu terbuat dari berbagai macam tumbuhan dan hewan yang mengandung hewani dan nabati yang menghasilkan karbohidrat,protein,vitamin,mineral dll.

Seberapa pentingnya kesehatan bagi tubuh kita ?? apakah kita dapat memilah-milih makanan untuk kesehatan tubuh kita ?? apa semua makanan sudah mencakup makanan yang enak dan sehat ?? sekarang zamannya banyak makanan yang dimacam-macamkan. Ada yang dikasih boraks,sudah kaduluarsa diperbaharui lagi makanannya,diberi minyak dan garam terlalu banyak yang dapat menimbulkan koresterol,dll.Kita tidak bisa mengubah zaman yang sudah tak bersih seperti sekarang.Semaraknya makanan enak tapi berbahaya.Kita harus mewaspadai terjadinya makanan yang membahayakan tubuh kita.

Padahal Enak Tapi Berbahaya

Ternyata tidak semua makanan enak itu sehat,tetapi ada dampak yang negatif membahayakan kesehatan kita. Yuk,kita simak,lihat buktinya!!! Apakah benar semua makanan enak itu dapat membahayakan tubuh kita ??

Sekarang banyak makanan enak tapi dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Contohnya seperti makanan gorengan yang ada dipinggiran jalan. Kita tidak tahu bagaiman orang (pedagang) tersebut membuat gorengan itu,atau menggunakan minyak apa untuk menggorengnya ?? apakah minyak curahkah atau mungkin minyak kemasan ?? kita tidak tahukan ?? hal seperti itu sangat sepele tapi kita sebagai pelaku konsumen harus memperhatikan itu. Dari sisi lain minyak memang biasa tetapi kalau kebanyakan minyak dapat membahayakan tubuh kita. Minyak bias kita terkena koresterol atau bahkan kanker hati. Contoh lain mie ayam,itu makanan yang enak dan kalau dilihat sepintas gizinya banyak. Ada daun sawinya dan ayamnya. Tapi tak semudah itu bilang kalau mie ayam makanan yang bergizi dan baik dikonsumsi. Kalau hanya mie ayam saja tidak apa-apa.Tetapi kalau memakai saos yang botolan itu dapat membahayakan tubuh kita. Kana saos botolan itu kita tidak tahu cara pembuatanya bagaimana ?? kita tidak tahukan ?? tapi yang ada sekarang ditelevisi banyak saos yang proses produksinya tidak higenis.karena mahalnya bahan-bahannya untuk membuat saos dan harga cabainya yang naik tiap tahun. Nah,ternyata meskipun makanan diatas enak tetapi dapat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh kita. Kita harus berpandai-pandai untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi kita. Agar tubuh kita tetap sehat.

Lebih Baik Mencegah Dari Pada Mengobati

Nah,dari bukti diatas. Kita harus banyak mengetahui informasi yang tepat untuk memilih makanan. Mana yang baik atau buruk untuk dikonsumsi kita.kita harus paham betul tentang makanan,tentang gizi makanan tersebut,apakah berbhaya bagi kesehatan tubuh kita atau tidak. Dan dalam memilih makanan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.kita harus memakan makanan yang didalamnya terdapat protein,vitamin,karbohidrat,mineral dll.kita harus menjauhi makanan yang kebanyakan lemak,garam,mecin,minyak atau saos,cilok yang dijual dipinggiran jalan /sekolah. Makanan-makanan diatas memang enak,tapi sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Kita harus banyak mengonsumsi makanan empat lima sehat sempurna. Kita harus mencegah makanan yang berbahaya.Karena sehat itu mahal.Sakit harus membutuhkan dana yang besar,Tidak semudah orang membalikkan telapak tangan.Sakit itu tidak enak mau ngapain males.Apalagi kalau sudah dirawat di rumh sakit . Kita harus diberi cairan yang kalau sudah habis harus diganti,Belum harga nginepnya dan makanan obat-obatan yangt harus dibayar. Nah dari kesimpulan diatas kita harus mengerti dan paham betul sisi negatifdan positif dari makanan yang sudah dikonsumsi tubuh kita. Meski enak tapi berbahaya.Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

Kata mereka



(Arie Sucipto Guru B. Jepang)

Iyah ntu betul banget semua makanan itu enak,tapi belum tentu sehat.Mungkin makanan sehat itu bisa berbahaya.kita harus pintar memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh kita.

(Fian Purmansyah Guru Fisika)

Makanya makanan mah gag usah yang macam-macamkan kaya saya saja.Makan jengkol yang menurut orang tak enak dan bikin pegel-pegel.Tapi menurut saya jengkol enak dan bergizi.Tak akan terkena penyakit dewh saya jamin !!!

(Sofa Satpam SMA Plus PGRI Cibinong)

Meskipun sekarang banyak makanan yang dimacamkan.Tapi kitaharus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi oleh kita.contoh : mie ayam,gorengan,cilok,dan lain-lain yang mungkin terlalu banyak saos\mecin\garam.

(Narsim Cleaning Service)

Mie ayam yang menurut saya makanan enak,tapi berbahaya karena menggunakan mecin dan saos botolan yang kita tak cara pembuatannya bagaimana???Apakah cabai asli\tidak ??ea tidak ????

(Eka dan Nurjahara siswa SMA Plus PGRI Cibinong)

Kita harus mewaspai dalam mengkonsumsi makanan.Masakan padang juga banyak kadar minyak yang dapat berbahaya,bahkan kita bias terena koresterol\kanker hati .Maka dari ntu kita lebih baik mencegah daripada mengobati.Karena sehat itu mahal.

Kesehatan Itu Penting

1.Pilihlah makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.Makanan itu mengandung hewani dan nabati .

2.Konsumsilah makanan yang sudah dicermati secara teliti sebelumnya.

3.Telitilah mana makanan yang enak dan sehat,mana makanan yang enak,tapi berbahaya.

4.Hindarilah makanan yang mengandung mecin\saos\gorengan\cilok da lain-lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.




nama : Riyani Wijaya

kelas :x.1

0 komentar: