Jumat, 12 Maret 2010

Hemat Bukanlah Pelit

Seperti yang kita ketahui, di dunia ini siapa sih yang mau lebih besar pasak daripada tiang?? Tentu semua orang berusaha untuk meminimalisir pengeluarannya dibanding pemasukannya bukan? Bagaimana caranya? Hemat. Yup! Jawaban yang sudah sering kita dengar selagi duduk di bangku kanak-kanak. Tapi apakah kita mampu melakukan itu semua di zaman yang serba mahal dan serba modern ini? Tenang…masih ada kemungkinannya kok. Memang sih, sepertinya susah untuk berhemat. Apalagi, jika kita adalah seorang wanita yang cenderung gila berbelanja, pasti ia akan merasa susah untuk melakukakan hal itu. Dan tidak pula menutup kemungkinan bagi para laki-laki untuk boros dalam mengelola keuangannya.

Kata Mereka

Sumartiningsih 24 th (Guru Matematika)

Hemat itu memperhitungkan segala sesuatu dengan melihat kebutuhan yang lebih penting dan tidak berfoya-foya untuk bermewah-mewah karena hemat itu pangkal kaya, ya kan? Cara untuk berhemat dengan membeli sesuai kebutuhan lalu menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung untuk masa depan.

Yekti 15 th (Pelajar SMA Plus PGRI Cibinong, kelas X5)

Hemat itu beda banget sama pelit. Kalau pelit, itu tidak mau memberi sesuatu yang ia miliki, tapi kalau hemat itu menggunakan sesuatu sesuai dengan kebutuhan.

Putri 15th (Pelajar SMA Plus PGRI Cibinong, kelas X5)

Saya sangat setuju dengan hemat, karena menghemat-hemat itu supaya kita tidak boros, dan punya tabungan. Kalau saya sih, tipe orang boros sedikit. Cara untuk berhemat bagi saya, yaitu dengan mengurangi jajan, jalan-jalan, dan menambah tabungan.

Cut Aja 15th (Pelajar SMA Plus PGRI Cibinong, kelas X3)

Hemat itu memang bukan berarti pelit, jika kita hemat, keuntungannya ada masa yang akan datang. Jujur, saya tidak begitu pintar untuk menghemat uang. Cara saya untuk berhemat, ya menyisihkan uang jajan.

Niken 15th (Pelajar SMA Plus PGRI Cibinong, kelas X8)

Saya sangat setuju dengan hemat. Hemat itu memang bukan pelit.Hemat itu mengeluarkan segala sesuatunya dengan dipikir dahulu. Hal itu penting buat kita, untuk membeli sesuatu yang perlu saja. Sehingga sisanya bisa ditabung.

So, tips-tips untuk hemat, yaitu:
· Gunakan uang seperlunya saja
· Harus bisa mengendalikan diri untuk tidak membeli barang yang kurang berguna
· Harus ada pikirin untuk masa depan
· Harus bisa menimbang-nimbang sesuatu sebelum dilakukan
· Untuk para pelajar, membawa bekal dari rumah sehingga setidaknya uang jajan masih ada sisa untuk ditabung
· Bagi yang beragama Islam, mungkin bisa ditambah dengan cara puasa. Selain hemat, cara tersebut juga dapat menambah pahala untuk kita nantinya.

Ok, semoga tips-tips tadi bermanfaat buat kalian. See you guys.....

Oleh: Wisny Ima P. (X.3)

0 komentar: