Sabtu, 25 September 2010

copet, oh copet

Tingkat kriminalitas pada tahun ini dapat dinilai meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya pada bulan september-oktober ini. seperti perampokan, penculikan, penodongan, copet dan sebagainya.

Kriminalitas dapat terjadi dimana saja apabila ada kesempatan bagi pelakunya contohnya pencopetan pada angkutan umum yang pada saat ini sedang marak-maraknya terjadi. Bukan saja hanya pada angkutan umum bus yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, tetapi akhir-akhir ini pencopetanpun terjadi pada angkot (angkutan umum) daerah.

Berbagai macam modus yang dilakukan pencopet dalam menjalankan aksinya seperti modus kesehatan dengan cara berpura-pura sakit, hipnotis dengan cara menyentuh,berpura-pura menjual alat kesehatan atau menawarkan pengobatan alternatif dan juga dapat terjadi dengan cara membagikan selembaran bacaan agar tingkat konsentrasi pada barang yang kita bawa menjadi terpecah lewat bacaan itu.

Biasanya pencopet beraksi tidak sendirian ada 2 sampai 3 orang yang membantunya. mula-mula pencopet satu naik ke dalam angkot lalu di susul oleh pencopet lainnya dengan jarak yang cukup jauh. di dalam angkot tersangka sudah membagi-bagi tugasnya.seperti pencopetan yang saya alami pada akhir-akhir ini.

Pada saat aksi itu terjadi mula-mula ada satu pencopet yang berpura-pura muntah aksi itu bertujuan agar memusatkan perhatian penumpang kepada pencopet itu. di sisi lain pencopet yang satunya mengodok-ngodok tas korban, karena perhatian korban terpusat pada pencopet yang berpura-pura sakit pencopet itu pun dapat dengan lancar melakukan tugasnya.

Berikut ini tips-tips yang saya berikan untuk menghindari aksi kecopetan
- Bawalah barang-barang secukupnya,
-Berpenempilanlah sederhana, tidak berlebihan sehingga tidak memberikan kesempatan
-Simpan dompet, handphone, atau barang-barang penting lainnya di tempat yag aman seperti tas.
- Pilihlah tas yang memiliki penutup yang aman karena biasanya pencopet melakukan aksi pengodokan tas.

Oberada, karena kejahatan atau kriminalitas dapat terjadi dimana-mana apabila ada kesempatan. jadi WASPADALAH ! (FYR)

0 komentar: