Jumat, 06 Februari 2009

BIASAKAN MEMBACA DARI SEKARANG YUK

Seperti kata pepatah “buku adalah gudang ilmu”. Tanpa buku kita susah mendapatka ilmu dan tanpa ilmu hidup ini terasa hampa karena kita tidak memiliki bekal atau pun tujuan hidup. Hal yang paling dasar harus kita kuasai adalah membaca, karena dengan kita bisa membaca maka informasi apapun akan mudah kita peroleh. Dengan kita dapat membaca dan memperoleh ilmu kita tidak akan rugi, karena orang-orang yang berilmu akan lebih tinggi derajatnya dibanding orang-orang yang kurang ilmu.
Pada zaman sekarang memang sulit dan harus bekerja keras untuk memberitahukan kepada para generasi muda akan pentingnya membaca. Tidak hanya tugas pemerintah yang harus bekerja keras, tetapi juga tugas kita masyarakat yang lebih dekat dengan generasi muda. Bila kita ingin merubah sesuatu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, kita harus melakukan pendekatan, melakukan penyuluhan, mengarahkan dia ke hal yang positif, dan baru mengenalkan dia ke hal-hal yang positif.
Kualitas pendidikan di Indonesia memang masih kurang. Hal ini dikarenakan oleh minat masyarakat untuk membaca yang masih sangat kurang, karena mereka kurang terbiasa untuk membaca. Waktu luang yang ada mereka gunakan untuk bersantai atau pun bermain-main, padahal ada hal yang lebih bermanfaat bisa dilakukan yaitu membaca.
Keinginan seseorang untuk membaca dapat ditumbuhkan melalui suasana ruangan atau pun suasana orang-orang disekitarnya. Bila suasana yang ada disana menyenangkan dan mendukung pasti orang akan betah membaca dan membaca dapat menjdai hal yang sangat menarik, bahkan bisa menjadi sebuah kebutuhan.
Seperti halnya perpustakaan SMA Plus PGRI Cibinong yang sangat mengutamakan kenyamanan siswa dan siswi SMA Plus PGRI Cibinong menuntut ilmu. Ruangan yang di desain begitu indah dan menarik menambah kenyamanan para siswa. Koleksi buku-buku yang dimiliki oleh perpustakaan mencapai 2340 exemplar dan buku yaang paling sering dipinjam adalah buku-buku fiksi, seperti: novel. Perpustakaan sma Plus PGRI Cibinong dibuka pada hari senin s/d sabtu pada pukul 07.30-13.00 dan 13.30-17.00. Perpustakaan SMA Plus PGRI Cibnong juga membuka siswa dan siswi yang ingin menjadi anggota dengan ketentuan sebagai berikut: harus membayar biaya administrasi RP 5.000,00, mengisi folmulir pendaftaran, foto 2 x 3 2 lembar dan foto yang dipakai bebas. Untuk memperpanjang kartu anggota membayar biaya administrasi sebesar RP 3.000,00.
Perpustakaan SMA Plus PGRI Cibinong memang sangat mengutamakan kenyamanan. Semua fasilitas yang ada diperuntuka untuk para siswa. Fasilitas yang disedikan oleh perpstakan SMA Plus PGRI Cibinong antara lain: meja membaca, ruangan full AC, ruangan untuk menonton vido atau VCD teevisi, ra untuk a para siswa, dan yang palng penting adalah ketenangn ruagan

Rahmat Putra P, Hani, Puspita, Veni

0 komentar: