Sabtu, 24 September 2011

PERTAMAX

HARGA PERTAMAX NAIK, LAGI.

Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Di Indonesia sendiri juga tidak sedikit konsumen yang menggunakan bahan bakar minyak jenis pertamax ini, pertamax adalah salah satu bahan bakar yang harganya lebih labil dari bahan bakar lainnya karena biasanya dalam jangka waktu 2 bulan sekali bahan bakar ini sering mengalami penaikan ataupun penurunan harga. Hari ini Sabtu 24 September 2011 di daerah Bogor harga pertamax mencapai harga Rp. 8.750,00/liter mengalami penaikan harga dari sebelumnya Rp. 8.400,00/liter. Menurut petugas yg sedang bertugas di SPBU daerah cikaret-bogor dengan naiknya harga pertamax SPBU itu menjadi kurang untung karena para pengguna pertamax lebih memilih premium yang lebih murah,”keuntungan jadi sedikit berkurang soalnya konsumen pada lari ke premium” kata petugas. Kenaikan ini sudah terjadi sejak tanggal 1 september 2011 kemarin kurang lebih 3 minggu yg lalu. Harga penaikan paling maximal yg pernah terjadi di SPBU-SPBU seharga Rp. 8.990,00/liter dan harga penurunan paling minimum yaitu Rp 6.000,00/liter yang sudah terjadi lama sekali dan belum terjadi lagi di saat sekarang ini. Lain halnya di Jakarta harga pertamax pada hari ini sabtu 24 september 2011 lebih murah di banding dengan daerah bogor yaitu Rp. 8.650,00/liter naik Rp. 350,00 dari harga semula yaitu Rp. 8.300,00/liter. Sedangkan untuk premium sendiri tidak mengalami gangguan harga tetap pada kisaran Rp. 4.500,00/liter. Menurut salah satu konsumen yang ternyata adalah siswa SMA Plus PGRI cibinong Ihkwan Khairurrahman kelas XI kenaikan pertamax tidak menjadi masalah asalkan kualitas tetap no. 1 “harga naik mah gapapa itu no. 2 kualitas yang no. 1 yang penting” kata si ihwan pas ditanya. (ZKY)

Memangnya apa sih keunggulan pertamax.?
1. Bebas timbal.

2. Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari Premium.

3. Karena memiliki oktan tinggi, maka Pertamax bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal. Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak, tidak sesuai dengan gerakan piston. Gejala inilah yang dikenal dengan 'knocking' atau mesin 'ngelitik'.



DSC00532.JPG

Konsumen pertamax sepi pembeli CIKARET-BOGOR 24-09-11


Sedikit kutipan dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Pertamax
kelompok : Muhammad Rizky S (XI IPA 4)
Zahra (XI IPS 3)

0 komentar: