Sabtu, 12 Maret 2011

Penyakit Kelenjar Getah Bening

Penyakit kanker kelenjar getah bening adala sekelompok keganasan (kanker) yang berasal dari system kelenjar getah bening dan biasanya menyebar ke seluruh tubuh.
Beberapa dari limfoma ini berkembang sangan lambat (dalam beberapa tahun), sedangkan lainnya menyebar dengan cepat (dalam beberapa bulan). Penyakit ini lebih sering terjadi dibandingkan dengan penyakit Hodgkin.
Penyebab penyakit ini tidak diketahui tetapi bukti-bukti menunjukan adanya hubungan dengan virus yang masih belum dapat dikenali. Sejenis limfoam non-hodgkin yang berkembang dengan cepat dengan infeksi karena HTLV-I (Human T-cell lymphotropic virus type 1), yaitu suatu retrovirus yang fungsinya menyerupai HIV penyebab AIDS. Penyakit ini juga bisa merupakan komplikasi dari AIDS.

Gejala awal yang dapat dikenali adalah pembesaran kelenjar getah benin disuatu tempat (misalnya leher atau selangkangan)atau di seluruh tubuh. Kelenjar membesar secara perlahan dan biasanya tidak menyebabkan nyeri. Menyebabkan gangguan menelan, pembesaran kelenjar getah bening jauh di dalam dada atau perut bisa menenakn organ dan menyebabkan :
1.Gangguan pernafasan
2.Berkurangnya nafsu makan
3.Sembelit perut
4.Nyeri perut
5.Pembengkakan tungkai


Oleh : Rizqy Nur Amalia (X.unggulan.5)

0 komentar: