Sabtu, 12 Maret 2011

Tsunami Jepang

Pasca Gempa-Tsunami, 215 Ribu Warga Jepang Berada di Pengungsian video foto
Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

Pasca Gempa-Tsunami, 215 Ribu Warga Jepang Berada di Pengungsian


video
Tsunami Sapu Semua yang Dilalui
foto
Jepang Luluh Lantak
Tokyo - Pasca gempa dan tsunami setinggi 10 meter menerjang sejumlah wilayah Jepang, tidak sedikit warga yang kehilangan rumah. Tercatat hingga kini sekitar lebih dari 215 ribu orang berada di pengungsian darurat.

Demikian seperti disampaikan Kepolisian Nasional Jepang dan dilansir AFP, Sabtu (12/3/2011). Tempat pengungsian darurat tersebut diketahui berada di sebelah timur dan juga barat Jepang.

Dari total jumlah pengungsi tersebut, sekitar 100 ribu merupakan para pengungsi dari area pusat pembangkit nuklir yang ada di wilayah Fukushima. Diketahui bahwa kebocoran radiasi dari reaktor nuklir yang ada di wilayah itu mengancam para warganya.

Sementara itu, jumlah penduduk yang kehilangan rumah diperkirakan terus bertambah. Hal ini seiring dengan pengakuan pihak Kepolisian yang belum mendapat laporan dari wilayah Miyagi, dimana ratusan orang dilaporkan tewas.

Dikhawatirkan juga, ribuan orang di Miyagi masih terjebak dalam reruntuhan bangunan, yang sempat dikepung banjir akibat tsunami kemarin.

Terakhir, KBRI Tokyo melansir data terbaru soal korban tewas dari media Jepang, NHK. Tercatat jumlah korban tewas dan hilang gempa dan tsunami di Jepang bertambah menjadi 1.312 orang. Rinciannya 612 orang meninggal dan 700 orang masih hilang.

Transportasi di Tokyo yang masih aktif, yakni subway dan bus kota. Bandara Internasional Narita sudah mulai aktif, sedangkan Bandara Haneda masih ditutup dengan alasan keamanan.

Gempa di Jepang terjadi pukul 12.46 WIB, Jumat (11/3) kemarin dan berpusat di 373 km timur laut Tokyo. Prefektur Miyagi menderita kerusakan paling parah.


Sumber :http://www.detiknews.com/read/2011/03/12/120802/1590251/10/pasca-gempa-tsunami-215-ribu-warga-jepang-berada-di-pengungsian

Popika M X4

0 komentar: