Sabtu, 12 Maret 2011

TSUNAMI MENYAPU JEPANG UTARA

Tokyo, gempa berkekuatan 8,9 skala ritcher membuat Jepang lumpuh total, selain memicu tsunami setinggi 10 meter yang menyapu bersih sebagian jepang utara,jaringan listrik,telepon dan transportasi di tokyo,ibu kota negara, pun putus total, Jumlah korban tewas337 orang dan 56 orang hilang. Survei geologi AS melaporkan,gempa terjadi pukul 14.46 waktu setempat. Gempa berpusat di kedalaman 15,1 kilometer(KM), 130 km di timur sendai,ibu kota prefektur miyagi, Jepang utara , di pulau Honshu. kota ini terletak 380 km di utara tokyo.
Badan meteorologi Jepang mengatakan gempa ini paling dahsyat di "NEGERI SAKURA" dalam 140 tahun terakhir. Kekuatannya melampaui gempa Great kanto, 1 september 1923, yang diikuti 50 gempa susulan,umumnya lebih dari 60 skala ritcher. Untuk mencegah kerusakan dan jatuhnya korban jiwa dan desa di sepanjang 2100km garis pantai dari utara hingga selatan Hoshu,termasuk tokyo, yang berjarak ratusan km dari pusat gempa,terguncang gempa. Tak lama berselang,kebakaran terjadi di 2 tempat tokyo. Depot dan kilang minyak serta panrik di sekitar ibu kota negara ini terbakar hebat .Asap hitam pekat membuhung di kawasan indrusti isogo,yokohama.
Pada saat bersamaan,gelombang tsunami setinggi 6 meter hingga 10 meter terjadi di beberapa wilayah di Jepang utara, terutama di Sendai, kota terbesar di wilayah Tohoku, dan kota kamaichi, juga Jepang utara. Sebuah jembatan di sebuah daerah yang tidak di sebutkan namanya di Jepang utara roboh.


Di posting oleh :Vetty yanuaristi
Kelas : x5
Sumber : Kompas

0 komentar: