Sabtu, 26 Januari 2013

Bersahabat Dengan Hujan

oleh : Heidy Sailendra


"hujan hujan pergilah, datanglah lain hari"

ya, mungkin itu hanya sepenggal nyanyian dari salah satu acara televisi anak-anak. Namun tanpa disadari atau tidak memang itulah yang selalu ada dalam benak dan fikiran kita saat hujan melanda. Belum lagi hujan yang tak henti-henti ketika kita sedang sibuk dengan aktivitas yang sangat padat, terjadi banjir atau pemadaman listrik sudah pasti itu sangat mengganggu.

Haruskah Membenci Hujan ?

Hujan itu sebenarnya berkah, namun jika terlalu sering juga akan sangat mengganggu aktivitas terutama kesehatan kita. Jangan pernah membenci hujan karena jika tidak ada hujan pun manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa hidup karena kekeringan. Syukuri hujan yang telah diberikan oleh sang pencipta seperti apapun dampaknya terhadap kita.

Apa Dampak Hujan ?

Sebenarnya hujan tidak akan berdampak buruk pada kita jika kita pandai mengatur jadwal dan kesehatan. Hujan juga sangat dibutuhkan oleh para petani yang memerlukan air dalam jumlah banyak. Namun sebagian besar dari kita yang hidup di perkotaan sering tidak teliti dalam beraktivitas dan menjaga kesehatannya, akibatnya kondisi tubuh yang tidak fit dan rentan terkena penyakit yang berdampak pula pada aktivitas sehari-hari yang terganggu.

Apa Yang Harus Dilakukan ?

Bukan berarti karena hujan deras, banjir dan pemadaman listrik kita hanya duduk diam dan menunggu apa yang akan diberikan oleh pemerintah ataupun pihak-pihak yang bersangkutan. tidak akan ada perubahan jika kita hanya menunggu dan tidak bertindak. Apa kalian ingin bumi ini terbenam oleh banjir ? Jangan biarkan hal itu terjadi, walaupun sekarang sudah sering terjadi banjir jangan biarkan banjir itu semakin parah. Mulailah sadar lingkungan dan melakukannya dari hal yang  kecil seperti membuang samppah pada tempatnya, menanam pohon, tidak menebang pohon sembarangan, dll jika satu orang melakukan hal tersebut mungkin tidak efektif, tapi jika kita semua melakukan hal tersebut dijamin, 10 tahun yang akan datang dunia ini terbebas dari banjir.


0 komentar: