Sabtu, 12 Januari 2013

MIRISNYA PENDIDIKAN DI INDONESIA



Oleh: rizky,yoga,leonaldi,putri,safira

      Pendidikan adalah suatu hal yang paling penting bagi sebagian orang. Karena pendidikan adalah landasan untuk mencapai kesuksesan, tetapi tidak semua masyarakat mengecap pendidikan yang layak. Bukan karena tidakingin mengecap pendidikan apalagi mereka yang  berada di luar jangkauan pemerintah dan di pinggiran Indonesia, pemerintah hanya mementingkan pendidikan yang berada dikota-kota besar. Pemerintah tidak tahu bahwa banyak sekolah-sekolah lain disana yang belum terpenuhi kebutuhannya. Padahal pemerintah sudah mengeluarkan subsidi yang banyak sehingga mencapai triliyunan, tetapi itu semua tidak cukup untuk membenahi pendidikan di Indonesia.
      Kualitas pendidikan di sebagian tempat Indonesia masih minim, ini disebabkan jarangnya pemerintah menyentuh tempat tersebut dan masih banyak buku-buku pelajaran yang kurang juga. Selain itu, guru-guru disana banyak yang belum berpengalaman dalam pendidikan untuk mengajar siswa-siswa. Lain dengan di perkotaan, pendidikan sangat tinggi dan sangat berkualitas di sana, selain itu guru-guru disana juga sangat berpengalaman dalam pelajaran, bahkan ada juga guru yang dari luar negeri mengajar disana. Sudah banyak bukti perbedaan antara tempat perkotaan dan luar perkotaan dalam hal pendidikan, dan sudah jelas bahwa perkotaan merupakan tempat yang bagus untuk menuntut ilmu.
      Seandainya pendidikan di Indonesia ini dibagi rata agar Indonesia menjadi Negara yang maju dan berkembang. Sayangnya pemerintahnya itu kurang bersahabat, seharusnya mereka membantu diluar perkotaan, jangan hanya di Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi juga diluar kota tersebut atau bahkan diluar pulau Jawa. Didaerah timur Indonesia memang banyak tempat-tempat yang sekolahnya tak layak untuk ditempati dan kualitas pendidikannya sangat rendah, disana pemerintah seharusnya bertindak untuk memperbaiki sekolah dan para guru-guru untuk lebih berilmu dan berpengalaman supaya masyarakat disana lebih berilmu.
Pendidikan di perbatasan
      Pendidikan di daerah-daerah seperti diperkotaan sangat diperhatikan oleh pemerintah Karena pemerintah hanya melihat kualitas pendidikan yang terjangkau oleh pemerintah saja. Padahal masih banyak orang-orang masih sulit memperoleh pendidikan, terutama di daerah perbatasan seperti daerah yang perbatasan daerah dengan Negara tetangga. Mereka masih susah mengenyam pendidikan karena tidak melihat atau memperhatikan mereka. Ada beberapa hal yang mempengaruhi mengapa pemerintah tidak memperhatikan pendidikan yaitu karena lokasinya jauh dan sulit di jangkau oleh pemerintah. Mereka yang di daerah perbatasan sangat sulit sekali mengecap pendidikan Karena sarana dan prasarana yang tidak memedai dari pemerintah. Mereka susah mencapai pendidikan dengan susahnya.
Cara menanggapinya
      Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam sebagian orang yang dapat kita ambil dalam pembicaraan tadi adapun tips yang perlu di perhatikan untuk pemerintah. Pemerintah harus melihat daerah yang paling tidak terjangkau oleh seperti didaerah dipinggiran  atau di daerah terpencil kecuali didaerah jauh di jangkauan pemerintah. Pakailah uang subsidi rakyat untuk melihat pendidikan didaerah tersebut. Karena kalau hal tersebut masih di anggap sepele itu aka menyebabkan banyak kekacauan sperti:urbanisasi yang besar sehingga mengakibatkan pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi, dan harus diperhatikan adalah prestasi yang di peroleh oleh anak bangsa.anak Indonesia adalah anak yang berprestasi.


Safira XI IPS 3:
                “Infrastruktur pendidikan di desa dan di kota sangat berbeda, misalnya seperti dari bangunan, guru-guru,kurikulum dan cara mengajar. Di kota-kota besar lebih cenderung berbasis internasional sedangkan di desa lebih mengutamakan prestasi yang di peroleh dari para muridnya. Kebanyakan gedung-gedung bangunan sekolah di kota itu besar, berfasilitas AC, memakai in-fokus bahkan ada yang menggunakan laptop untuk mempermudah belajar. Tetapi jika di desa hanya beralaskan seadanya agar para murid nyaman dalam belajar.”

Yoga XI IPS 2:
                “Pendidikan di indonesia itu tidak adil karena banyak internasional school yang di buat pemerintah akan tetapi tidak memikirkan pendidikan di daerah-daerah pinggiran di indonesia yang mayoritas minim dari dana pemerintah, bahkan keberadaan sekolah di daerah-daerah pinggiran indonesia sangat jarang dan mereka harus menempuh berkilo-kilo meter bahkan sampai harus menyebrang sungai untuk memperoleh pendidikan.”

Putri XI IPS 4:
                “Minimnya pendidikan di desa di karenakan pemerintah tidak terlalu memikirkan bagaimana nasib para pelajar yang ada di desa. Banyaknya gedung-gedung sekolah yang ada di kota membuat para muridnya tidak terlalu mengutamakan prestasi tetapi lebih mementingkan fasilitas yang tersedia. Pemerintah seharusnya memperhatikan daerah yang ada di pinggiran indonesia.”

0 komentar: