Sabtu, 26 Januari 2013

Sehat Berawal dari Makanan

Oleh Rizky Dwi Oktaviani

            Berdasarkan para ahli, kesehatan manusia berawal dari makanan tapi makanan yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan itu makanan yang sehat bukan junk food. Di zaman modern seperti ini manusia lebih memilih junk food di banding makanan yang sehat.
Apa pengertian junk food?
            Junk food adalah makanan sampah atau makanan yang tidak baik bagi tubuh dan mengandung nutrisi yang sedikit. Tidak baik disini disebabkan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Junk food atau makanan cepat saji kadang menjadi pilihan satu-satunya saat kita sedang sibuk. Memang dengan makanan instant seperti yang banyak tersedia saat ini dapat membantu kita untuk menghemat waktu. Tapi kalau kita mengkonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan apa lagi junk food banyak mengandung lemak. Makanan seperti ini sebaiknya kita kurangi bahkan di hindari. Sebaiknya kita memilih pola makan sehat dan bergizi karena baik bagi tubuh
Makanan sehat
            Manusia memang banyak memilih junk food tapi manusia yang pintar akan lebih memilih makanan sehat dan bergizi di banding junk food. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang di perlukan tubuh. Untuk memilih makanan sehat juga mudah kita bisa memasak sendiri atau jika kita tidak mau memasak kita dapat membelinya di restoran yang memiliki menu makanan sehat.
            Manfaat makanan bergizi juga banyak seperti terhindar dari berbagai macam penyakit karena penyakit dapat disebabkan dari makanan, memperlancar aktivitas kita. Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi aktivitas sehari-hari kita tidak akan terhambat. Jadi mulai sekarang hentikan mengkonsumsi junk food dan beralihlah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

0 komentar: