Minggu, 20 Januari 2013

gaya hidup sehat

Sehat adalah sesuatu yang sangat dibutuhan bagi hidup manusia, karena jika salah satu anggota tubuh terserang penyakit, akan berakibat besar bagi anggota tubuh yang lainnya. Menjaga agar tubuh tetap sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari berolah raga sampai pergi ke tempat-tempat fitness.


sehat badan atau sehat jasmani adalah satu-satunya cara agar tetap bersemangat. Bagi para pekerja agar tetap semangat bekerja, pelajar agar tetap semangat belajar, dan para ibu rumah tangga agar tetap semangat merawat rumah. Sehat bukan hanya sehat jasmani saja tapi juga sehat rohani.
Sehat jasmani bisa dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat, yaitu dengan cara memerhatikan pola makan, dan pola bekerja. Sedangkan kesehatan rohani bisa dilakuan dengan melakukan yoga. Karena kesehatan rohani juga sangat penting dalam diri manusia.
Agar tidak terlalu stres menghadapi pekerjaan atau tugas yang sangat menumpuk, dengan melakukan yoga, diri dan hati akan terobati dari sikap-sikap yang tidak diinginkan. Apalagi didalam keadaan yang buruk ini, cuaca semakin tidak bersahabat dengan tubuh manusia. Banyak muncul penyakit-penyakit yang tak diduga, seperti malaria, demam, DBD, dan masih banyak lagi. Jadi, setiap  manusia harus sepintar-pintarnya menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit.
Dan saat ingin sekolah atau melakuan pekerjaan, jangan sampai melupakan sarapan, karena sarapan adalah satu-satunya jam makan yang sangat penting bagi tubuh, daripada makan siang apalagi makan malam. karena saat sarapan, lambung mampu menampung makanan lebih banyak, bahkan makan siangpun tidak diperlukan  jika sarapannya dengan gizi yang seimbang. Jadi, pagi para manusia khususnya para remaja perempuan, jangan takut gemuk atau badannya melebar dengan sarapan yang berlebihan. Dari pada makan malam berlebihan, sebenarnya makan yang paling baik adalah sarapan.



Tips-tips menjaga kesehatan

  •  Makan teratur dengan gizi yang seimbang (karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral)
  •  Istirahat yang cukup (jangan banyak begadang karena hal yang tidak penting)
  • Hidup dengan bersih (menjaga dan merawat lingkungan)
  •  Berolahraga teratur dan sesuai dengan kekuatan tubuh.
  •  Memperbanyak minum air putih (hindari minuman yang mengandung zat-zat yang berbahaya dan batas minimal minum air per hari sebanyak 8 gelas)
  •  Membiasakan menghirup udara segar di pagi hari (jangan terlalu sering menghirup polusi yang banyak di perkotaan)

0 komentar: