Sabtu, 12 Januari 2013

Reportase dan Artikel Kelas XI


FOKUS
IPA ATAU IPS ?
Pernah gak sih terpikirkan oleh kita kenapa kelas di SMA dibagi menjadi 2 jurusan, IPA dan IPS? Apa sih bedanya antara 2 jurusan itu? Pasti banyak yang bertanya-tanya, ada pula kasus diskriminasi jurusan, murid jurusan IPA merendahkan murid jurusan IPS. Sebenarnya kedua jurusan itu hanya dibedakan oleh jenis pelajaran. Tapi sebenarnya pelajaran dikedua jurusan tersebut hampir sama namun sama-sama sulit. Contohnya : di IPA ada pelajaran fisika yang dikenal banyak rumus dan tidak mudah dihafal, sedangkan di IPS ada pelajaran geografi dimana kita harus menghafal koordinat-koordinat dan bentuk-bentuk pulau suatu Negara yang sangat memusingkan.


Jadi, tidak seharusnya ada perbedaan antara IPA dan IPS. Murid jurusan IPA tidak lebih pintar dari murid jurusan IPS. Karena apa yang mereka pelajari berbeda dan butuh waktu lama untuk dikuasai. Lagipula, murid bebas memilih jurusan sesuai dengan keinginan mereka. Karena itu, murid-murid tidak perlu bersikap berbeda kepada yang berbeda jurusan selama tidak ada perlakuan yang berbeda dan mereka senang berada di jurusan masing-masing.
Intinya baik IPA ataupun IPS sama bagusnya dan tidak ada hal yang harus dibedakan, kecuali beberapa pelajaran di jurusan tersebut.

Tips-Tips Menentukan Jurusan Apa Yang Tepat Untuk Kita
1.      Sesuaikan dengan nilai terbaik yang kita miliki.jika dibidang IPA maka bakat kita terdapat pada IPA begitu pula sebaliknya jika dibidang IPS maka bakat kita terdapat pada IPS.
2.      Tanyakan pada dirimu jurusan apa yang benar-benar kamu inginkan.
3.      Jika kamu sudah menemukan jurusan apa yang kamu inginkan, selanjutnya adalah meyakini pilihan kamu itu sudah tepat.
4.      Jika OrangTua mu tidak menyetujui kamu memasuki jurusan tersebut,yakinilah bahwa kamu bersungguh-sungguh ingin memasuki jurusan tersebut.
5.      Jika OrangTua mu sudah setuju dengan jurusan yang kamu inginkan, Tekuni jurusan yang kamu inginkan dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar mempermudah kamu dalam mempelajari bidang yang kamu inginkan.
6.      Janganlah kamu menyesali keputusan yang kamu ambil dari awal dan fokuslah pada keputusan yang telah kamu pilih.

REPORTASE
1.      Wilantika Ferisca Claudia Ivana (XI IPA Unggulan 3)
“Kalau saya sih dari awal emang pengen masuk IPA,soalnya kan cita-cita saya pengen menjadi jurnalis.untuk masuk ke jurusan itu bisa dari IPA atau IPS, tapi saya lebih menguasai pelajaran IPA.”
2.      Fitri Purwandari (XI IPA Unggulan 4)
“kalau aku dari setelah lulus SMP ingin masuk IPA, karena aku ingin bercita-cita menjadi seorang bidan.jurusan untuk menggapai cita-cita adalah IPA dan saya lebih menyukai pelajaran IPA dibandingkan IPS.”
3.      Zulfa Fatimah (XI IPS 2)
“Dari awal aku pengen masuk IPS karena sesuai cita-citaku , saat kuliah aku pengen masuk IPS, tepatnya pengen jadi psikolog.jadi pelajaran yang aku fokusin sosiologi dan sejarah.”

Oleh Aisha Deane Pratiwi,Annisa Dewi Sribuwonowati,Fitri Purwandari,Husnul Khotimah,Wilantika Ferisca Claudia Ivana. 


0 komentar: