Sabtu, 28 Agustus 2010

LIMA TIPS MULAI MENABUNG

Membuka rekening tabungan di bank sudah menjadi hal biasa bagi Anda. Namun, dengan seiring meningkatnya kebutuhan hidup, tabungan menjadi rekening penampung sementara saja. Jika begitu Anda perlu berhati-hati, terutama bila Anda sudah berkeluarga. Usahakanlah hidup sehemat mungkin, karena kebiasaan menabung dapat membantu Anda mencapai kebebasan finansial. Berikut tipsnya.

Menurut Lembaga Penasihat Keuangan Pribadi Moolanomy, Pinyo, jumlah bunga yang dihasilkan dari uang tabungan menciptakan angka ajaib, menambah jumlah simpanan Anda lebih cepat dan aman. Cobalah melihat sejenak perhitungan bunga yang ditawarkan, semakin besar keuntungan yang ditawarkan semakin menjadi daya tarik tersendiri. Namun jangan lupa, lihatlah akreditasi bank tersebut.

Kedua, beberapa orang berpikir harus memulai menabung dalam jumlah yang besar terutama untuk dana darurat ataupun uang pensiun. Mulailah dari jumlah uang kecil, hal ini guna mengukur kemampuan Anda sekarang serta membiasakan diri menyimpan uang. Dengan begitu Anda akan mampu mengendalikan pemasukan dan pengeluaran finansial secara rutin.

Ketiga, tekadkan tujuan menabung. Yang perlu dicatat, menabunglah untuk tujuan jangka panjang atau impian yang ingin Anda dapatkan. Seperti memiliki rumah hingga dana pendidikan anak. Catatlah dalam benak Anda dan berdiskusilah dengan pasangan Anda.

Keempat, Gunakanlah rekening tabungan berbeda sesuai rencana. Saat ini, bank telah menyediakan berbagai pilihan produk tabungan seperti dana pendidikan, perumahan, beribadah haji hingga dana pensiun. Jika memiliki dana lebih, bukalah rekening berbeda hal ini memudahkan mewujudkan impian Anda.

Kelima, masukkan dana tabungan bagian dari anggaran Anda. Hal ini memudahkan Anda menghitung pemasukan dan pengeluaran, alhasil, Anda tidak merasa bingung saat membuat pos khusus uang tabungan. SELAMAT MENABUNG

stevano, XI IPS 4

0 komentar: