Kamis, 26 Agustus 2010

Ujian Nasional

Ujian Nasional yang setiap tahun dilaksanakan oleh para siswa dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.Ujian Nasional merupakan salah satu musuh terberat siswa.Mengapa demikian?Karena sekian lama mereka menempuh pembelajaran dan hanya dari UNlah hasil akhir belajar mereka dilihat dan begitu pula dengan nasib mereka.Sangat tidak efektif sekali jika hanya UN yang mengukur kemampuan siswa diakhir tingkat jenjang pendidikannya.
Banyak masyarakat berpendapat bahwa seharusnya UN tidak perlu dilaksanakan,karena hanya membuat para siswa stres menghadapinya.juga menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI). UN dinilai sangat melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) karena hanya dengan tiga sampai lima hari pula nasib mereka ditentukan. Padahal para siswa sudah mengharuskan masa belajarnya 3-6 tahun di tiap tingkat pendidikan yang berbeda.
Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan sistem pendidikan Indonesia saat ini, terlebih dahulu UN. Banyak siswa yang tidak dapat lulus Ujian Nasional yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Contohnya fasilitas sekolah yang kurang mendukung, kualitas guru yang berbeda di tiap-tiap sekolah. Yang lebih strategis yaitu ketika para siswa yang tidak dapat hasil ujian yang sangat tidak memuaskan, mereka pun nekat mengakhiri hidupnya dengan cara yang tidak normal. Seharusnya pemerintah perlu apakah Ujian Nasional pantas dijadikan patokan siswa untuk tamat belajar dari setiap jenjang pendidikan

sumber Riyani & Lindi
oleh Riyani Wijaya (XI Ipa 2)

0 komentar: