Rabu, 11 Agustus 2010

Terima Kasih Roda

Sayangnya,tidak ada yang tahu siapa nama penemu roda .
namun,rupanya roda pertama kali digunakan oleh bangsa sumeria sekitar tahun 3500 sebelum masehi .ahli arkeologi menemukan gambar orang naik kereta beroda di sebuah dinding kuil peninggalan bangsa Sumeria.
Hmm,siapa sih nama bangsa Sumeria itu ?Bangsa Sumeria adalah bangsa yang tinggal di Mesopotamia.Mesopotania merupakan daerah lembah yang terletak diantara sungai Efrat dan sungai Tigris.Di peta deunia masa kini,Mesopotamia terletak di negara Irak.
Ahliarkelogi ljuga memelusu bagaimana roda tercipta.Penasaran pengin tahu juga ?Begini awalnya orang menemukan balok kayu bulat yang bisa menggelinding/.Balok itu juga dapat memindahkan bak yang berat.Wah,ini benar-benar penemuan yang hebat!Bayangkan berkat balok itu orang tidak perlu lagi memanggul batu besar.
Suatu ketika crang meletakan bak berkaki kayu di atas balok kayu.Ternyata kaki kayu itu nenggerus balok kayu.Hmmm,orang lalu merampingkan bagian tengah kayu yang tergerus menjadi sebuah tongkat bernama as.dan agar tidak jatuh,dipasanglah pasak di antara bak dan as.
Namun,rupanya roda kayu sering pecah.Nah,jika di tengah jalan kita mengalami roda pecah,mana yang lebih mudah,mwengganti lempeng roda saja atau mengganti lempengan roda berikutnya asnya.wah,tentu saja hanya mengganti lempengan roda !lagipula jika as masih bagus,sayang kan kalau harus di ganti.sejak itu sebuah kereta roda terdiri dari bak,pasak,as dan roda yang terpisah satu sama lain.

Naik Kereta Roda ke Negeri Orang
Wah,penemuan kereta roda membawa perubahaan besar bagi bangsa Sumeria.Mereka dapat pergi ke negeri lain.akibatnya bangsa lain juga mulai mengenal kereta roda.Mereka pun lalu ikut-ikutan membuatnya.
Bangsa Mesir,India,Cina,dan Roma mulai memakai kiereta roda sekitar tahun 2000 sebelum masehi.Diantara bangsa-bangsa itu,bangsa Roma banyak membuat berbagai kereta roda.Mereka membuat kereta roda untuk perang,berburu,dan balapan,Wow,bangsa Roma juga mengenalkan kereta roda ke daratan Inggris pada tahun 500 masehi,Ck,Ck,seribu tahun kemudian bangsa inggris membuat kereta roda terhebat di dunui yaitui kereta api .Bukan main!mmmm ....teman-teman keren bangetkan roda itu.padahalkan hanya terbuat dari dak,pasak,as dan roda yang terpisah satu sama lain.tapi Inggris bisa hebat membuat kereta api.Benar-benar luar biasa.(selembar tugas b.indonesia)
by : Riyani wijaya
kelas : xi.ipa 2

0 komentar: