Sabtu, 16 Oktober 2010

Koran Ku Manfaat untuk Ku

“Koran…Koran…Koran…Koran…Korannya Pak?Korannya Bu?” Berdering layaknya Jam Weker dan Berkokok layaknya Ayam Jantan untuk menyambut Sang mentari yang sinari Dunia dengan kesegaran embun pagi. Untuk menyampaikan berbagai pesan yang ada di dunia untuk informasi yang bermanfaat di era globalisasi ini.
Dengan Zaman yang segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang dan sosialisasi yang harus diadaptasikan dengan kehidupan pribadi dan Kelompok masyarakat. Ya…tujuan utamanya adalah Mempertahankan Hidup sebagai makhluk sosial. Sejatinya, Koran adalah berisi catatan peristiwa (berita) atau karangan (artikel, feature, dsb) dan iklan karena biasa memuat hal yang bersifat dagang (promosi) diterbitkan secara berkala (periodik) waktu penerbitannya akan menggolongkan sebagai sebuah surat kabar atas harian, mingguan, bulanan, atau mungkin tahunan. Dijual untuk umum karena Koran ditujukan untuk umum atau khalayak luas bukan personal.
Oleh karena itu, Kita semua dapat menyimpulkan bahwa Koran bukan hanya sekedar mencangkup dan membahas kehidupan pribadi seseorang melainkan harus mempengaruhi kehidupan khalayak banyak. Meskipun membahas permasalahan seseorang, tetapi diakhirnya pasti ada pengaruh terhadap para pembaca Koran tersebut karena jika tidak, kualitas Koran tersebut dapat dikatakan Kurang layak dikatakan sebagai Koran ataupun surat kabar.
Dan menurut saya khususnya, Koran merupakan sebuah cerita atau dokumentasi tentang langkah-langkah, peristiwa, dan penggambaran tentang dunia secara luas. Dengan Koran, kita bisa tahu tentang apa saja yang sedang terjadi di dunia secara terkini, meskipun kita tidak merasakan peristiwa tersebut secara langsung. Terkadang, dengan Koran Saya bisa membuka topik obrolan terbaru dengan teman-teman, sehingga Tahap Sosialisasi saya dengan teman dapat meningkat, dan Kita tidak terkesan GAPTEK atau ketinggalan Zaman di waktu yang sedang terkenal cepatnya terhadap informasi. Ditambah lagi, Kedudukan saya sebagai pelajar SMA yang didalam beberapa mata pelajaran yang membutuhkan media massa seperti Koran. Betapa terbantunya saya, meskipun sekarang telah ada Koran online yang membutuhkan media internet, tapi terkadang Koran terbitan lebih banyak terpakai dan menjadi syarat utama dari tugas tersebut. Jadi, Terima kasih Koran!
Tetapi, Saya yakin manfaat itu tidak hanya dirasakan oleh saya yang sebatas pelajar. Tetapi, para pemilik jabatan tertinggi di Seluruh dunia pun dapat merasakan beberapa manfaat dari apa yang disebut Koran. Karena Koran merupakan bagian dari Media Pers yang interaktif dan komunikatif tetapi tidak dapat menjadi sebuah lembaga Independent, melainkan menjadi Lembaga Kemasyarakatan yang memiliki kesinambungan antara Pers-Pemerintah-Masyarakat. Jadi, dengan adanya Koran sebagai salah satu media Pers, dapat menentukan kemajuan suatu Negara, baik dari segi urusan Pemerintah dan Masyarakat. Dengan demikian, Koran adalah Manfaat besar baik bagi diri Saya dan bahkan untuk Kemajuan Suatu Negara. **Fina Destriana (XI-IPA Unggulan 1)


0 komentar: