Sabtu, 16 Oktober 2010

surat kabarku adalah kecerdasanku

Surat Kabar biasa dikenal dengan koran. Dan merupakan salah satu media informasi yang terdapat pada masyarakat sebagai media efisien di samping media elektronik seperti televisi dan radio. Bukan hanya kalangan pejabat, konglomerat,guru dan mereka yang perekonomiannya tinggi.Namun, masyarakat awam, pelajar, supir, pedagang, bahkan pengangguran sangat berpengaruh pada surat kabar.
Dapat dikatakan surat kabar mempengaruhi banyak orang. Dengan membaca surat kabar, kita dapat mengetahui beberapa aktual penting dan sekaligus perkembangan aktual dari dalam negeri maupun luar negeri
yang mungkin belum kita ketahui.
Sebagai sumber kehidupan sosialiasasi, surat kabar berperan penting dan dijadikan sebagai kebutuhan pokok yang tidak boleh dilewatkan.
Aku memanfaatkan surat kabar sebagai kecerdasan. Cerdas dalam berpikir kritis dan rasionalis
serta sebagai penghubung jembatan ku untuk menuju masa depan. Bagi ku surat kabar memiliki banyak fungsi yang diantaranya :

  • to inform : yang menerangkan dan menginformasikan berbagai informasi secara objektif mengenai ha-hal penting yang terkait pada lingkungan sekitar.
  • to provide : berisikan informasi yang menyediakan keperluan pembaca / masyarakat dalam bidang barang dan jasa secara pemasangan iklan.
  • to comment : mengomentari berbagai berita yang dikembangkan dalam sebuah area khusus ke dalam fokus
Selain itu surat kabar sebagai sarana hiburanku, karena surat kabar juga memberikan penyajian khusus seperti cerita komik,film, artikel dan isi yang mengandung kemasyrakatan.
Dengan kata lain dari beberapa manfaat yang ada, surat kabar sebagai fungsi informasi.
Mungkin tidak sedikit juga yang menganggap surat kabar tidak terlalu penting, dapat ditinjau karena mereka yang memiliki alasan tersendiri salah satunya karena malas baca. Padahal kita tahu untuk memperoleh pengetahuan serta menciptakan kecerdasan diawali dengan membaca.
Hanya dengan melihat dan membaca serta tidak membutuhkan biaya yang mahal aku menuai begitu banyak keuntungan dari surat kabar maupun media cetak lainnya.
Dengan demikian, aku bahkan masyarakat tidak mudah dibodohi dengan hal-hal yang merugikan. Rata-rata masyarakat indonesia mengenal koran sebagai sumber informasi. Namun, pembaca koran lebih sedikit dijumpai dibanding orang yang memanfaatkan koran sebagai sarana lain. Contohnya : untuk pembungkus makanan dan barang.
Perlu kita tahu dengan membaca surat kabar berarti kita telah mengetahui sebagian suara
masyarakat. Surat kabar juga dapat menjadikan kita untuk berprilaku positif.
Aku menumbuhkan budaya membaca dari aku sejak dini. Aku yakin dengan membaca aku akan meraih kesuksesan dan kecerdasan secara sistemis. Untuk itu marilah kita tumbuhkan budaya membaca mulai dari lingkungan yang sangat kecil seperti keluarga lalu di sekolah kemudian lingkungan masyarakat dan menerapkan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari. Karena sesuatu yang diawali dengan kebiasaan akan mendarah daging dalam keseharian kita.

(lissa amalia XI IPA 1)

0 komentar: